Sukses

Perut begah dan mual sebelum menstruasi

19 Apr 2019, 20:29 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok sya mau tanya ko saya sering merasa .. perut bega di sertai kembung. Mual dan sakit di bagian atas perut kenapa ya dok .. dan perut saya seperti orang hamil padahal tgl 30 kemarin saya haid 2 hari tpi darah bnyak .. apa mungkin saya hamil

Terima kasih telah bertanya seputar perut begah dan mual sebelum menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Saat ini, anda sedang mengalami gejala PMS atau seringkali disebut pre-menstrual syndrome. Beberapa tanda dan gejala PMS adalah perut yang kembung, terasa begah, dan adanya rasa mual hingga ingin muntah sepserti yang anda alami.

PMS adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik & mental, dialami 7-10 hari menjelang menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan, bisa menjadi lebih ringan ataupun lebih berat dan berupa gangguan mental (mudah tersinggung, sensitif) maupun gangguan fisik. Diperkirakan kurang lebih 85% wanita usia produktif antara usia 25-35 tahun mengalami satu atau lebih gejala dari PMS.

Terdapat kurang lebih 200 gejala yang dihubungkan dengan PMS namun gejala yang paling sering ditemukan adalah iritabilitas (mudah tersinggung) dan disforia (perasaan sedih). Gejala mulai dirasakan 7-10 hari menjelang menstruasi berupa gejala fisik maupun psikis yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan menghilang setelah menstruasi.

Gejala fisik antara lain:

- Kelemahan umum (lekas letih, pegal, linu) Acne (jerawat)

- Nyeri pada kepala, punggung, perut bagian bawah

- Nyeri pada payudara

- Gangguan saluran cerna misalnya rasa penuh/kembung, mual, konstipasi, diare

- Perubahan nafsu makan, sering merasa lapar (food cravings)

 

Gejala mental antara lain :

- Mood menjadi labil (mood swings), iritabilitas (mudah tersinggung), depresi, ansietas (berdebar-debar dan berkeringat)Gangguan konsentrasi

- Insomnia (sulit tidur)

 

Ada 3 (tiga) elemen penting yang menjadi dasar diagnosa apakah seorang wanita mengalami PMS yaitu jika ditemukan :

- Gejala yang sesuai dengan gejala PMS

- Dialami setiap siklus menstruasi (konsisten)

- Menimbulkan gangguan dalam aktivitas sehari-hari

PMS harus dibedakan dengan perubahan yang biasa dirasakan sebelum menstruasi (simple pre menstrual symptoms) yang tidak menimbulkan gangguan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari misalnya rasa tegang pada payudara. Keadaan ini adalah ciri khas dari siklus ovulasi normal yang terjadi setiap bulan.

Sebaiknya seorang wanita yang diduga menderita PMS mencatat keluhan yang dirasakannya dalam sebuah diari yang disebut PMS diary atau catatan Sindroma Pra Haid. Dengan adanya catatan tersebut dapat menegakkan diagnosa serta pengobatan. Tujuan dari pengobatan PMS adalah untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala yang ada, mengurangi akibat yang timbul dari PMS dalam aktivitas sehari-hari maupun hubungan interpersonal, serta mengusahakan agar efek samping minimal dari terapi yang diberikan.

Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi gejala PMS, antara lain:

- Pola nutrisi yang sehat (rendah lemak dan garam, tinggi protein, vitamin dan mineral). Perbanyak porsi buah-buahan, sayur mayur, gandum yang tinggi serat. Jika diperlukan, dapat ditambahkan makanan kesehatan (food supplement) yang berupa multivitamin seperti kalsium yang dapat mengurangi rasa kram, Vitamin E untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara, keletihan dan insomnia serta Vitamin B6 untuk mengatasi keletihan, iritabilitas dan mood swings.

- Hindari makanan dengan kadar garam tinggi, makanan manis, kafein, alkohol

- Selalu melakukan olahraga rutin

- Tidur cukup minimal 8 jam/hari

- Hindari rokok

- Hindari stress berkepanjangan

- Terapi relaksasi (hipnoterapi, terapi warna, meditasi, aromaterapi dsb)

Namun apabila gejala tersebut terus menetap dan mengganggu aktivitas sehari-hari, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan wawancara secara menyeluruh dan melakukan pemeriksaan fisik secara lengkap.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perut begah dan mual sebelum menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar