Sukses

Pandangan Berkabut
16 Apr 2019, 10:50 WIB
Pria, 45 tahun.

Mata saya kalau pagi seperti baerkabut, tapi saya tidak sadar kapan hilangnya, tapi siang atau sore sdh normal kembali. Apakah itu gejala katarak? Adakah pencegahan dini? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada mata bagian mana yang penglihatannya berkabut? Sudah berapa lama keluhan ini berlangsung? Apakah ada keluhan lain selain yang Anda utarakan? Apakah Anda pernah mengalami trauma mata sebelumnya? Apakah ada keluhan pandangan kabur? sakit kepala? bola mata berdenyut?

Untuk mendiagnosis keluhan mata sebaiknya diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Mata berasap atau berkabut dapat disebabkan oleh katarak. Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya.Katarak merupakan penyebab kebutaan utama yang dapat diobati di dunia pada saat ini. Sebagian besar katarak timbul pada usia tua sebagai akibat pajanan terus menerus terhadap pengaruh lingkungan dan pengaruh lainnya seperti merokok, radiasi ultraviolet, dan peningkatan kadar gula darah. Katarak ini disebut sebagai katarak senilis (katarak terkait usia). Sejumlah kecil berhubungan dengan penyakit mata (glaukoma, ablasi, retinitis pigmentosa, trauma, uveitis, miopia tinggi, pengobatan tetes mata steroid, tumor intraokular) atau penyakit sistemik spesifik (diabetes, galaktosemia, hipokalsemia, steroid atau klorpromazin sistemik, rubela kongenital, distrofi miotonik, dermatitis atopik, sindrom Down, katarak turunan, radiasi sinar X).

Pasien dengan katarak mengeluh penglihatan seperti berasap dan tajam penglihatan menurun. Secara umum, penurunan tajam penglihatan berhubungan langsung dengan kepadatan katarak.Gejala utama yang dijumpai adalah penglihatan berkabut dan penglihatan yang semakin kabur. Pada gejala awal dapat terjadi penglihatan jauh kabur sedangkan penglihatan dekat sedikit membaik dibandingkan sebelumnya (second sight). Bila kualitas lensa memburuk atau terjadi kelelahan maka second sight ini akan menghilang. Gejala lain yang dijumpai pada katarak senilis adalah penigkatan rasa silau (glare). Pada lensa mata penderita katarak akan tampak bayangan putih. Selain itu dapat pula terjadi pandangan ganda, rabun senja dan terkadang membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk membaca.

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata agar dokter dapat mendiagnosis dan memberikan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar