Sukses

Pitiriasis Rosea
16 Apr 2019, 16:55 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok obat untuk ptiriasis rosea apa ya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pitiriasis rosea adalah penyakit kulit yang belum diketahui penyebabnya, dimulai dengan sebuha lesi inisial berbentuk eritema dan skuama halus. Kemudian disusul oleh lesi-lesi yang lebih kecil di badan, lengan dan paha atas yang tersusun sesuai dengan lipatan kulit dan biasanya menyembuh dalam waktu 3-8 minggu.

Penyebabnya belum diketahui, demikian pula cara infeksi. Ada yang mengemukakan hipotesis bahwa penyebab virus, karena penyakit ini merupakan penyakit swasima (self limiting disease), umumnya sembuh sendiri dalam waktu 3-8 minggu.

Beberapa ahli menduga penyebabnya adalah suatu virus tertentu berdasar:

Umur kebanyakan penderita dewasa muda.Musiman, kadang-kadang bersifat epidemic local pada sekelompok orang.Sembuh dalam waktu tertentu.Jarang sekali kambuh.Gejala konstitusi pada umumnya tidak ditemukan, sebagian penderita mengeluh gatal ringan. Pitiriasis berarti skuama halus. Penyakit dimulai dengan lesi pertama (herald patch), umumnya di badan, solitary, berbentuk oval, dan anular, diameternya kira-kira 3 cm. ruam terdiri atas eritema dan skuama halus di pinggir. Lamanya beberapa hari hingga beberapa minggu.

 

Lesi berikutnya timbul 4-10 hari setelah lesi pertama, memberi gambaran yang khas, sama dengan lesi pertama hanya lebih kecil, susunannya sejajar dengan kosta, hingga menyerupai pohon cemara terbalik. Lesi tersebut timbul serentak atau dalam beberapa hari. Tempat predileksi pada badan, lengan atas bagian proksimal, dan paha atas, sehingga seperti pakaian renang wanita jaman dahulu.

Kecuali bentuk yang lazim berupa eritroskuama, pitiriasis rosea dapat juga berbentuk urtika, vesikel, dan papul, yang lebih sering terdapat pada anak-anak.

Sebagian kecil didahului gejala pendahulu yang umumnya ringan, yaitu demam dan malaise. Keluhan yang timbul biasanya gatal ringan/ tidak gatal, hanya sebagian kecil mengeluhkan sangat gatal.

Pengobatannya bersifat simtomatik, untuk gatalnya dapat diberikan sedative, sedangkan sebagai obat topikal dapat diberikan bedak asam salisilat yang dibubuhi mentol ½-1%. Tidak ada obat yang spesifik, penyakit dapat sembuh spontan. Antihistamin diberikan bila penderita merasa sangat gatal. Kortikosteroid lokal (prednisone 30-60 mg) berguna untuk menghilangkan rasa gatal, menahan sementara perjalanan penyakitnya dan dapat menghilangkan lesinya, diberikan terutama bila penyakitnya > 1 bulan.

Kami menyarankan anak Anda dibawa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penanganan lebih lanjut untuk penyakit ini. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar