Sukses

Luka Tidak Kunjung Sembuh
16 Apr 2019, 10:35 WIB
Pria, 52 tahun.

Selamat pagi dokter, Saya sudah sekitar 1 Tahunan mengalami luka di kedua kaki yang tidak sembuh/hilang. Dalam 4 bulan terakhir, saya berobat ke dokter kulit dan kelamin. Sudah obat diberi oleh dokter (ada 3 dokter), luka yang terasa keras dan kadang-kadang perih serta gatal, memang berangsur membaik dan hilang. Namun, sekitar 2 minggu kemudian, luka dimaksud muncul lagi seperti luka sebelumnya. Sekitar bulan Pebruari 2019, oleh dokter saya direkomendasikan untuk test lab kadar gula darah dan hasilnya normal. Akhir-akhir ini memang saya sering kantuk sekitar jam 09.00 - 10.00, sering buang air kecil dan kadang-kadang air urine disertai dengan busa. Mata-mata terasa kabur. Tetapi sewaktu diperiksa ke dokter mata, tidak direkomendasikan untuk pakai kaca mata. Disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung garam. Demikian dok, permasalahan yang saya hadapi. Mohon solusinya untuk mengatasi luka di kedua kaki saya yang yang tidak kunjung sembuh dan terdapat bekas dengan warna pudar. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Luka Tidak Kunjung Sembuh menggunakan layanan Tanya Dokter

Bagaimana perawatan luka Anda? Apakah dijaga dalam keadaan bersih? Apakah diberikan obat antibiotika? Kemungkinan diabetes belum dapat disingkirkan. Apakah Anda memiliki gejala klasik diabetes seperti sering lapar, haus, dan berkemih? Berapakah kadar gula darah Anda? Walaupun penderita diabetes memiliki waktu penyembuhan luka yang lebih lama, namun bukan berarti luka yang sulit sembuh pasti berarti diabetes.

Untuk mendiagnosa diabetes ada beberapa kriteria, misalnya 

Gejala 3 P --> Polidipsi (byk minum), poliuri (banyak pipis) dan polifagi (byk makan) + dengan penurunan berat badan namun juga harus dilakukan pemeriksaan gula darah (pemeriksaan laboratorium). Atau tidak ada gejala namun hasil lab menunjukkan kondisi diabetes. Apakah perlu diberikan antibiotika, dll. Selain itu tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan gula darah puasa dan 2 jam post pandrial untuk menyingkirkan kemungkinan diabetes. Apakah jenis pengobatan yang Anda lakukan? Pada dasarnya penanganan luka paling baik dilakukan oleh dokter yang telah melakukan pemeriksaan fisik langsung pada diri Anda. Kami menyarankan Anda kembali ke dokter untuk evaluasi luka yang ada.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar