Sukses

Kontrol Setelah Kuret
16 Apr 2019, 10:31 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, saya seorang suami. Istri baru saja di kuret hari senin kemarin jam 7 pagi. Lokasi rumah sakit jauh dari lokasi tinggal kami. Karena istri keguguran saat berada di rumah saudara. Jauh pula dari dokter kandungan yang biasa kami datangi. Tetapi dokter di RS tersebut bilang untuk datang kontrol di RS yang sama. Apa kontrol harus dilakukan dengan dokter yang melakukan kuret, apakah tidak bisa dengan dokter Sp.OG lain? Mohon pencerahannya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Biasanya 3 hari hingga 1 minggu setelahnya, Anda perlu datang kembali ke dokter yang melakukan kuret untuk dikonfirmasi apakah sisa jaringan sudah benar-benar terangkat semua. Bila masih ada flek atau perdarahan, artinya belum bersih.

Jika sudah bersih, kesuburan Anda akan segera kembali dan Anda tidak akan lagi mengalami flek-flek atau perdarahan.

Proses penyembuhan setelah prosedur kuret bervariasi tergantung bagaimana prosedur dilakukan dan jenis anestesi yang diberikan. Pada hari-hari pertama setelah kuret, sering dialami kram perut sehingga selama 2-3 hari setelah kuret, dokter menganjurkan untuk tidak menggunakan pembersih vagina, tampon, maupun berhubungan intim. Pergerakan dan aktivitas juga dibatasi yang ringan-ringan saja. Durasi ini berbeda-beda tergantung bagaimana dokter menilai kondisi pasien setelah dilakukan prosedur kuret, apakah baik atau kurang baik.

Kami sarankan agar istri Anda kontrol kembali ke dokter yang melakukan kuret, karena dokter yang melakukan kuret mengetahui prosedur dan riwayat kuret istri Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar