Sukses

Keluar Cairan dari Telinga
16 Apr 2019, 08:47 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya mau nanya seputar tentang telinga saya. begini dok, telinga saya kemaren saya bersihin pakai catembat. nah, sehari setelah saya membersihakan telinga saya jadi berair kuning. itu kenapa ya dok? ada gk obat khusus supaya bia menghentikan keluar nya air itu?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai telinga keluar cairan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Ada kemungkinan Anda mengalami Otitis Media, penyakit infeksi telinga tengah yang bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga (membran timpani) sehingga cairan keluar terus menerus dari telinga. Pemakaian cotton bud yang menyebabkan luka pada telinga bisa mencetuskan timbulnnya infeksi tersebut.

Otitis Media Akut adalah peradangan pada telinga tengah yang bersifat akut atau tiba-tiba. Telinga tengah adalah organ yang memiliki penghalang yang biasanya dalam keadaan steril. Tetapi pada suatu keadaan jika terdapat infeksi bakteri pada nasofaring dan faring, secara alamiah terdapat mekanisme pencegahan penjalaran bakteri memasuki telinga tengah oleh ezim pelindung dan bulu-bulu halus yang dimiliki oleh saluran tuba eustachii.

Otitis media akut ini terjadi akibat tidak berfungsinya sistim pelindung tersebut, sumbatan atau peradangan pada saluran tuba eustachii merupakan faktor utama terjadinya otitis media. Pada anak-anak, semakin seringnya terserang infeksi saluran pernafasan atas, kemungkinan terjadi otitis media akut juga semakin sering.

Jadi pencegahan terbaik untuk OMA adalah mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan atas. Apabila sudah terdapat tanda-tanda ISPA maka segeralah berobat ke dokter agar tidak berlanjut menjadi OMA sebagai komplikasinya.

Otitis Media ini terbagi dalam 5 stadium dengan penatalaksanaan yang berbeda pada tiap stadiumnya.

·         Stadium oklusi tuba eustachius gendang telinga terasa tertarik ada perasaan seperti ada air dalam telinga

·         Stadium hiperemis nyeri pada telinga terasa terasa penuh dan berdenging

·         Stadium supurasi nyeri atau rasa tidak nyaman pada telinga semakin berat disertai gejala umum : demam,

·         Stadium perforasi gendang telinga robek atau pecah Keluar nanah dari telinga tengah. Nyeri berkurang, suhu badan turun, dan dapat tidur nyenyak.

·         Stadium resolusi Bila gendang telinga tetap utuh atau tidak terjadi robekan, maka perlahan-lahan akan normal kembali. Bila terjadi perforasi, maka sekret akan berkurang dan mengering. Kesembuhan total dapat terjadi tanpa pengobatan bila kuman lemah dan daya tahan tubuh baik.

 Ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung agar penyebab keluhan anda diketahui serta penanganannya dapat segera dimulai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar telinga keluar cairan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar