Sukses

Kesemutan Pada Diabetes
15 Apr 2019, 20:34 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat siang dok, saya ingin bertanya dari semalam hingga sekarang kaki kiri saya kesemutan dengan tempo waktu yang selalu sama. Kesemutannya agak berbeda dari biasanya, seperti berdenyut beberapa detik kemudian hilang dan begitu seterusnya. yang saya khawatirkan adalah ini salah satu gejala diabetes, karena kebetulan ayah saya mengidap diabetes sampai sekarang. Dan saya pun mudah lapar, setelah habis makan rasanya ingin tidur. apakah ini ciri ciri nya dok? Lalu amankah untuk tes gula darah di apotek, ? saya khawatir kebersihan alatnya kurang terjamin. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab kaki kesemutan sebenarnya sangat bervariasi. Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu, kaki kesemutan memang ada kaitannya dengan penyakit diabetes. Keluhan kaki kesemutan yang berhubungan dengan DM ini dikenal dengan neuropati perifer. Hal ini berhubungan dengan lama menderita dan ketidakstabilan gula darah Anda. Pada keadaan ini artinya sudah ada gangguan pada syaraf karena penyakit DM.  

Cara merawat kaki (lakukan dengan teratur):

  • Tidak boleh berjalan tanpa alas kaki, termasuk di pasir dan di air
  • Periksa kaki setiap hari, dan laporkan pada dokter apabila ada kulit terkelupas atau daerah kemerahan atau luka
  • Periksa alas kaki dari benda asing sebelum memakainya
  • Selalu menjaga kaki dalam keadaan bersih, dan mengoleskan krim pelembab ke kulit yang kering.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengontrol kadar gula darahnya?

Untuk penanganan kesemutan pada diabetes antara lain dengan mengontrol kadar gula darah melalui pola makan yang benar, gaya hidup sehat serta konsumsi obat-obatan penurun gula darah. Selain itu, dapat pula dengan melalui konsumsi suplemen seperti vitamin B kompleks (B6 dan B12) atau obat-obatan golongan gabapentin.

Kami tidak dapat memberikan secara rinci mengenai obat-obatan tertentu karena dibutuhkan anamnesis serta pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar