Sukses

Lidah Sulit Bicara
15 Apr 2019, 12:34 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya penyakitnya ...lidah saya susah bicara persis dgn apa yang di cantumkan di google

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokterb Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Gangguan dalam berbicara ini dapat terjadi secara mendadak, dan bisa terjadi sementara waktu ataupun dalam jangka lama. Penyebabnya bisa sesuatu yang ringan akibat grogi, atau adanya kondisi kesehatan tertentu. Berikut penyebab timbulnya sulit bicara berikut ini :

1. Kelelahan atau Stres, Merasa capek atau lelah dapat membuat Anda sulit merangkai kata-kata. Ini bisa makin parah jika Anda termasuk tipe orang yang khawatir dihakimi orang lain atau merasa malu saat mengalami ini. Ansietas atau rasa cemas (anxiety), dapat menyebabkan mulut kering, terpeleset lidah, atau masalah lain yang bisa bikin Anda makin kesulitan menuturkan kata-kata.

Ketika Anda mengalami ini, ingatlah bahwa tidak apa-apa jika merasa gugup. Jangan terlalu khawatir untuk selalu tampil sempurna. Hilangkan berbagai tekanan yang Anda rasakan, dan perlahan kata-kata yang sudah Anda rangkai akan kembali mengalir.

2. Terlalu banyak minum minuman beralkohol. Alkohol secara luas dikenal dapat membuat Anda tak bisa berbicara jelas karena dampak alkohol dapat memperlambat bagaimana otak “berkomunikasi” dengan tubuh. Hati Anda hanya dapat memecah sedikit alkohol dalam satu waktu. Semakin banyak alkohol yang diminum, maka efeknya pada kemampuan Anda berbicara akan semakin intens.

3. Stroke.Kesulitan berbicara, wajah terasa kebas, tubuh terkulai, hingga merasa lemah di satu lengan, adalah tanda-tanda utama stroke. Ketika pasokan oksigen terputus ke otak karena adanya gumpalan darah, Anda akan kesulitan dalam berbicara, bahkan hingga tak bisa melakukannya sama sekali.

4. Migrain. Migrain yang parah juga dapat membuat Anda kesulitan berkata-kata. Kondisi ini dinamakan transient aphasia atau afasia sementara karena memang perlahan bisa hilang.

5. Kelainan saraf.Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit yang dapat mengubah bagaimana otak mengirim informasi antara sel-selnya dengan sel-sel di bagian tubuh lainnya. Penderita MS dengan lesi di daerah otak yang mengatur kemampuan berbicara dapat membuat penderitanya sulit berkata-kata dari yang berskala ringan hingga berat. Pola umum dalam MS adalah scanning speech, yaitu irama ketika berbicara memiliki jeda lama antara kata dan silabel. Kelemahan otot dan gangguan dalan koordinasi otot di mulut dan pipi juga bisa mejadikan penderita MS kesulitan dalam berbicara.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter segera agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar