Sukses

Anak Tidak Gemuk
15 Apr 2019, 09:00 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat malam dok... Dok sya mw tanya, sya punya baby usia 7 buln bb 6.7 tinggi 66. Skrg sudh bisa merangkak, gigi.a 2, sudh bisa duduk tp blum sempurna. Ank sya super aktif, makan, buah buahan dan susu jg kuat. Bab.a jg bgus gga keras dan gga mencret, shari 1-2 x pup. Tpi yg jdi pertanyaan sya knp baby sya gga gmuk iia dok. Pdahal asupan gizi.a tercukupi.????

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan perhitungan antropometri gizi anak Anda tergolong normal. 

Masalah gizi anak memang selalu menjadi topik utama bagi orangtua. Pertama, bila menurut Anda sang buah hati sudah sering diberikan makanan bergizi, perlu ditilik lagi jenis-jenis makanan yang diberikan apakah benar telah tinggi kalori? Apakah jumlah yang diberikan sudah mencukupi kebutuhan anak? Apakah anak masih terlalu banyak minum susu, dan jarang makan makanan padat? Apakah anak sering ngemil atau minum susu sebelum jam makan, sehingga porsi makanan padat yang masuk hanya sedikit?

Bila masalah-masalah dalam pertanyaan tersebut tidak ditemukan pada buah hati Anda, ada baiknya untuk mencurigai apakah si kecil sedang menderita suatu penyakit tertentu atau tidak, misalnya alergi, diare, batuk kronis seperti TB, dll. Untuk menentukan hal ini, perlu diperiksakan secara langsung oleh dokter.

Namun jangan khawatir terlebih dahulu dengan kemungkinan tersebut, masih bisa pula berat badan sulit naik pada anak Anda disebabkan karena aktivitasnya yang begitu banyak. Bila kalori dari makanan yang masuk lebih sedikit dari kalori yang dibakarnya ketika bermain, maka keseimbangan energi menjadi negatif dan akhirnya berat badan sulit naik.

Pada beberapa anak memang terlihat kurus, karena memiliki kecenderungan genetik untuk menjadi kurus. Namun, apabila setelah diperhatikan berat badannya yang menurun drastis, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut ke dokter. Penurunan berat badan dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit yang mendasari.

Untuk melihat apakah berat badan anak Anda masih dalam batas normal atau tidak, Anda dapat menggunakan grafik berat badan menurut usia dan grafik berat badan menurut tinggi badang WHO (World Health Organisation). Mintalah bantuan petugas kesehatan dalam mengisi grafik tersebut. Atau Anda dapat memeriksanya di sini: http://www.klikdokter.com/p/tumbuh-kembang-anak.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat. Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang sehat yang dapat diberikan kepada anak Anda:1. Susu: Susu, keju, yogurt, es krim, krim sup, puding2. Protein: Telur, selai kacang, sup kacang, kacang-kacangan3. Karbohidrat: Roti, makaroni dan keju, pasta, roti, pancake, kentang tumbuk, sereal

Jika anak Anda adalah pemilih makanan dan menolak untuk menambah makanan baru dalam makannya, dapat dicoba juga dengan menggunakan suplemen makanan cair berkalori tinggi sesuai rekomendasi dokter. Namun harus dipastikan bahwa jumlah konsumsi susu, suplemen makanan cair, dan jus yang anak Anda makan jangan sampai membuatnya kenyang sehingga melupakan menu makan utamanya. Cobalah untuk membatasi jus untuk tidak lebih dari satu cangkir sehari dan susu tidak lebih dari dua cangkir sehari.

Ada baiknya juga bila Anda membiasakan anak dan orang tuanya untuk selalu makan bersama-sama di meja makan. Dalam beberapa kasus, dengan membiasakan anak makan bersama, nafsu makan anak lebih muncul dan anak lebih mau makan.

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang berat badan anak tidak naik-naik. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar