Sukses

MPASI Bayi 4 Bulan

14 Apr 2019, 06:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum. Selamat siang dok.. Tadi pagi saya periksakan anak saya ke bidan karna dia batuk pilek anak saya baru berusia 4 bulan 1/2 waktu d timbang berat badan y turun 3 ons. Karna anak saya selain Asi d bantu dengan sufor juga tapi dengan kedua y anak saya tidak terlalu nafsu menyusui. Saya tanya ke bidan mengenai kenapa anak saya tidak terlalu nafsu menyusui Asi maupun sufor. Dan bidan menjawab mungkin dia bingung antara puting ibu dan dot. Lalu dia menyaran kan untuk memberika MPASI kepada anak saya. Apakah baik MPASI sebelum 6 bulan ?? Bagaimana solusi agar anak saya mau dan nafsu dalam menyusu ? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang MPASI melalui fitur Tanya Dokter.

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) dianjurkan ketika bayi menginjak usia 6 bulan. Sebenarnya, sejak usia 4-6 bulan, bayi sudah mulai mampu mengontrol kepala dan memiliki koordinasi mulut. Selain itu, gusi bayi mulai mengeras dan saluran pencernaan bayi sudah mulai menghasilkan enzim-enzim pencernaan. Namun pada usia 4-6 bulan, kemampuan makan bayi baru dalam tahap perkembangan, saluran pencernaan pun belum sempurna untuk menerima makanan semi padat.

Secara fisik, bayi baru benar-benar siap untuk menerima makanan semi padat pada usia 6 bulan, sehingga berbagai organisasi kesehatan anak di dunia hingga saat ini menyarankan pemberian MPASI dimulai pada usia 6 bulan.

Bila yang Anda maksud dengan 'mencoba' hanya sekedar menjilat saja atau mencicipi saja, masih diperbolehkan. Yang penting tidak membuat konsumsi ASI bayi berkurang. Lihat pula apakah bayi sudah siap dengan menunjukkan ketertarikan untuk makan saat melihat Anda makan makanan padat, dan apakah kepalanya sudah tegak.

Baca juga: Sebelum Memberi MPASI pada Bayi, Pahami 6 Hal Ini

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar MPASI. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar