Sukses

Hasil tes HBeAg

12 Apr 2019, 12:19 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok suami sy didiagnosa dokter terkena gejala hepatitis b... setelah dokter mnyarankan tes darah ternyata ini hasilnya dok..hbeag( cmia) non reaktif..dan hasil anti hbe( cmia) reaktif dengan scor 0.02 itu maksutnya apa y dok... apakah bahaya ...

Terima kasih telah bertanya seputar hasil tes HBeAg menggunakan fitur Tanya Dokter.

Hepatitis Be antigen (HBeAg) dan antibodinya (anti-HBe) ditemukan dalam hubungan infeksi virus hepatitis B. HBeAg pertama dideteksi pada fase awal infeksi virus hepatitis B, setelah munculnya antigen permukaan hepatitis B (HBsAg). Kadar antigen keduanya dapat meningkat secara drastis selama masa replikasi virus dalam infeksi akut. Perubahan dari HBeAg menjadi anti-HBe dalam suatu infeksi akut biasanya merupakan suatu indikasi resolusi infeksi (sembuh), dan menurunnya penularan terhadap orang lain. HBeAg yang negatif, dapat berarti:

1.      Infeksi akut fase awal sebelum puncaknya replikasi virus

2.      Fase awal penyembuhan ketika HBeAg menurun dibawah kadar yang dapat dideteksi. Adanya anti-HBe berguna untuk membedakan kedua fase tersebut.

Pada individu dengan HBeAg yang tidak dapat dideteksi dalam serum, namun anti-HBe positif, pasien juga dapat memiliki tes serum hepatitis B virus DNA yang positif. Perubahan dalam antigen maupun antibodi HBe dijadikan indikator respon virologis pada mereka dengan hepatitis B kronis.

Beritahu hasil tes hepatitis B suami anda kepada dokter pertama yang menyarankan tes darah tersebut sehingga dapat diberikan edukasi serta terapi yang dibutuhkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hasil tes HBeAg. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar