Sukses

Gejala Hypochondriasis
12 Apr 2019, 10:09 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat malam, Dok. nama saya Pratiwi, 21 tahun, saya mau tanya kenapa ya dok akhir2 ini saya sering mengalami kesusahan bernafas setiap malam, dan dada kanan saya terasa sakit seperti ditusuk-tusuk sejak kemarin malam hingga malam ini.. apakah ini karena saya kurang olah raga dan sering insomnia ya dok? saya gak begitu sering makan daging dok karena saya tidak suka, tapi kalau makan cemilan coklat dan susu saya sering sekali, mungkin kalau ada kaitannya bisa diberi pencerahan saya sakit apa. setiap bangun tidur juga kepala saya sakit, dan saya seperti sudah terbiasa dengan itu.. saya juga sering merasa kelelahan walau pun tidak melakukan sesuatu yg berat, hanya pekerjaan rumah biasa.. terkadang ada nyeri juga di siku tangan di kiri, dan itu biasanya setiap malam.. semoga saya sudah memberi ciri2 yang rinci sehingga bs dijelaskan kira2 saya sakit apa. terima kasih banyak, Dok.

Terima kasih telah bertanya seputar Gejala Hypochondriasis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.comggu

Mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Gejala-gejala yang telah Anda sebutkan diatas sangat bervariasi. Apakah mungkin Anda saat ini sedang banyak pikiran atau mengalami beban tanggung jawab yang berlebih atau sedang mengalami suatu masalah? Jika iya, kemungkinan besar anda sedang mengalami Hypochondriasis.

Apakah itu Hypochondriasis?

Hypochondriasis merupakan gangguan psikologis yang membuat seseorang merasa terlalu takut bila mengalami penyakit serius. Gangguan ini paling sering dialami oleh orang yang berusia antara 20 sampai 30 tahun. Beberapa penderitanya juga mengalami kegelisahan atau depresi.

Penyebab

Normal saja bila tubuh manusia mengalami berbagai gejala dan sensasi seperti kedutan, nyeri, atau batuk. Pada penderita hypochondriasis, gejala ini dianggap sebagai suatu pertanda adanya penyakit serius dalam tubuh. Bila penderita mengalami sakit kepala maka pikirannya langsung tertuju pada tumor otak. Jika batuk maka penderita akan berpikir mengalami kanker paru-paru.

Belum diketahui pasti penyebab terjadinya hypochondria. Beberapa ahli menduga bahwa penyakit hypochondria merupakan jenis gangguan obsesif-kompulsif. Beberapa penelitian menemukan adanya perlawanan alami atau respon tubuh yang kemungkinan bertanggung jawab sebagai penyebab penyakit hypochondria. Orang dengan keadaan murung sering merasa cemas. Kecemasan bisa mengakibatkan rangsangan fisiologis dalam tubuh yang mencakup peningkatan denyut jantung, pusing, mual, sesak napas, berkeringat, dan sensasi lainnya. Jika Anda memiliki penyakit hypochondria, Anda salah menafsirkan tanda-tanda dan gejala sebagai bukti lebih lanjut dari penyakit, yang meningkatkan kecemasan Anda, dan pada gilirannya, mengintensifkan gejala Anda, menciptakan lingkaran setan.

Gejala

Penderita hypochondriasis terjadi pada orang yang sehat namun begitu mengkhawatirkan gejala ringan yang timbul ditubuhnya sehingga membuat pikirannya tidak tenang dan cemas terus menerus. Hubungan pribadi dan performa kerja seringkali menderita sebagaimana orang tersebut menjadi semakin terarah dengan isu kesehatan.

Diagnosa

Diagnosa pada hypochondriasis dipastikan saat kondisi berlangsung lama setidaknya 6 bulan dan gejala-gejala orang tersebut tidak dapat dihubungkan dengan depresi atau gangguan kesehatan mental lainnya.

Pengobatan

Pengobatan hypochondriasis sulit dilakukan karena penderita memiliki keyakinan bahwa sesuatu dalam tubuh merupakan kesalahan serius. Kondisi ini tidak bisa ditentramkan dengan mudah. Meski demikian, sangat diperlukan adanya kepercayaan dokter yang perduli, terutama bila jadwal kunjungannya teratur.

Bila gejala-gejala tidak mereda maka bisa dilakukan terapi untuk penelitian  dan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan dengan Penghambat Reuptake serotonin, kelas antidepresan, kemungkinan efektif. Terapi cognitive-behavior bisa juga meringankan gejala-gejala.

Demikian informasi seputar Gejala Hypochondriasis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar