Sukses

Penyembuhan Kista Adneksa

12 Apr 2019, 09:21 WIB
Pria, 26 tahun.

Halo dok mau tanya seminggu yang lalu saya melakukan operasi usus buntu. Awalnya saya sakit perut hebat (baru pertama kali sakit perut seperti itu) mendadak. Tambahan catatan saat berhubungan badan memang beberapa kali saya merasakan sakit. Dan memang kami sedang melakukan program kehamilan alami dengan dibantu obat penyubur dari dokter kandungan. Saya langsung kerumah sakit dan dilakukan USG. Saat hasil USG keluar, saya didiagnosa usus buntu akut dan ada kista adneksa. Saya disarankan untuk rawat inap untuk segera dilakukan operasi usus buntu. Saat rawat inap saya dijelaskan bahwa akan dilakukan operasi usus buntu sekaligus melihat apakah benar ada kista (seperti hasil USG) atau hanya cairan atau sesuatu yg berasal dari usus buntu tersebut. Saat selesai operasi dokter mengatakan bahwa sudah diangkat usus buntunya juga kista tersebut. Dokter menjelaskan ukuran kista yg sebenarnya tidak sebesar hasil diagnosa saat USG. Saya cukup lega, tapi apakah kista itu yg menyebabkan saya tidak kunjung hamil sebelumnya? Pdahal saat program hamil dan di usg oleh dokter kandungan 2 minggu sebelum saya didiagnosis usu buntu, tidak ditemukan kista apapun sehingga lanjut untuk program hamil dengan pemberian obat kesuburan. Dan apakah setelah pengangakatan usus buntu dan kista itu secara bebarengan kondisi saya bisa pulih sempurna dan bisa hamil dengan alami? ataukah ada kiat2 khusus atau pantangan atau aturan yg harus dipatuhi gara2 saya punya riwayat ini? Mohon maaf panjang lebar dok, mohon bantuannya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan.

Kista adneksa ada beberapa macam salah satunya kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Sementara dekstra artinya kanan.

Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru. Untuk penanganan yang tepat bagi anda sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Apakah masih bisa hamil?

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium:

Kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan adalah:

Endometriosis

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Kista ovarium yang tidak menyebabkan gangguan kesuburan:

Kista fungsionalKistadenomaKista dermoidPerlu dipastikan jenis kista, ukuran kista, dan kondisi organ reproduksi Anda yang lainnya untuk menilai kemungkinan hamil. Sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penilaian dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar