Sukses

Penyembuhan Demam Anak

12 Apr 2019, 09:21 WIB
Wanita, 40 tahun.

Pertanyaan ini berkaitan dgn keadaan anak saya. Perempuan, umur 3,8th, BB 13kg, TB 98cm. 2 minggu lalu anak panas smp 39°C slm 2 hari. Hari ke 3 dan 4 masih hangat dgn suhu 37,8°C. Di hari ke 5 sdh normal suhunya dan di hari ke 6 saya bawa ke Sp A, dan di rujuk untuk cek darah lengkap. Dgn hasil Trombosit 146.000, leukosit 4,73. Besoknya cek darah lg, dgn trombosit 138.000, lekosit 6.92. Krn masih merasa khawatir trombosit menurun lg, besoknya saya bawa cek darah lg, dgn hasil trombosit 122.000, lekosit 6.6. Hasil ini saya konsul kan ke SpA, dgn saran kondisi anak sdh membaik, krn sdh hari ke 8 sejak panas, dan anak jg sdh tidak panas, dan tdk terlihat tanda2 DB atau Campak. Jd kami di sarankan untuk tdk usah rawat inap, jg tdk perlu minum obat. 5 hari kemudian, saya bawa ke lab lg untuk cek darah. Dengan hasil sgt mengejutkan, trombosit 633.000, lekosit 10.1 Krn kami bingung dgn keadaan ini, hari ini kamu cek darah lg, dgn hasil trombosit 600. Kami sebagai org awam bingung menyikapi ini, dan jujur kami blm konsul lg dgn dokter, krn berharap hasil lab hari kmrn salah, tp ternyata sama saja. Mohon penjelasannya, dgn keadaan trombosit setinggi ini, apakah ada penyakit lain yg di idap anak saya? Apakah saya harus konsul lg dgn SpA? Mohon pencerahannya. Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda seputar demam menggunakan fitur Tanya Dokter

Demam yang disertai dengan penurunan trombosit dapat merupakan tanda dari demam berdarah. Biasanya gejala demam berdarah adalah demam yang mendadak tinggi hingga 39 derajat Celcius merupakan gejala utama dari demam berdarah dengue. Demam ini akan berlangsung terus-menerus selama 2-7 hari, kemudian turun dengan cepat dan biasanya diikuti oleh tanda-tanda sebagai berikut:

Nyeri kepala

Menggigil dan lemas

Nyeri di belakang mata, otot, dan tulang

Ruam kulit hingga kemerahan

Kesulitan menelan makanan dan minuman

Mual dan muntah

Namun, berhubung anak Anda sudah demam hari ke 8, maka seharusnya fase kritis demam berdarah sudah berakhir. Terkait nilai trombosit yang tinggi, hal ini masih dimungkinkan karena kenaikan sesaat akibat infeksi atau dikenal dengan trombositosis reaktif, dan kondisi ini akan kembali normal dalam beberapa saat. Bagaimana kondisinya saat ini? Apakah masih ada demam? Bagaimana dengan pola makannya? Apakah ada perdarahan?

Terima kasih atas partisipasi Anda

1 Komentar

  • Sha******diyono

    Terimakasih Dokter atas penjelasannya. Sungguh melegakan buat saya. Saya juga berharap kondisi ini hanya sesaat, dan akan segera kembali normal. Untuk saat ini sejak hari ke 5 pasca demam tinggi, anak saya sudah tidak lagi demam, keadaan tubuh dan kegiatan sehari2 sdh normal/baik.