Sukses

Perlukah Gigi Bungsu Dicabut Sebelum Pemakaian Behel

10 Apr 2019, 14:22 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau tanya. saya kan mau pakai behel, tapi pada gigi saya terdapat gigi bungsu. sebenrnya gak ada kemungkinan impaksi tumbuhnya dok. tp klw gak dicabut dan saya tetep paki behel itu boleh atau tidak ya?

Terima kasih sudah bertanya mengenai perlukah gigi bungsu dicabut sebelum pemakaian behel melalui fitur Tanya dokter.

Sebelum membahas langsung ke pertanyaan Anda, kami ingin menjelaskan sedikit bahwa perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Pencabutan gigi geraham bungsu yang bermasalah atau impaksi sebaiknya dilakukan sebelum perawatan orthodonti dilakukan.

Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gIgi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi.

Erupsi (pertumbuhan) gigi geraham bungsu memang dapat menyebabkan posisi gigi yang sudah dibetulkan oleh perawatan bracket menjadi berubah (relaps). Hal ini disebabkan karena adanya dorongan dari gigi geraham yang akan tumbuh untuk menembus gusi dan tulang, ditambah lagi jika posisi benih gigi tidak tegak melainkan miring sehingga mendorong gigi sebelahnya dan akan berdampak pada gigi-gigi lain. Tidak ada dorongan dari gigi geraham yang akan tumbuh pun masih ada kemungkinan untuk relaps, apalagi pada pasien yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Oleh sebab itu pasien harus disiplin dalam menggunakan retainer.

Dalam memutuskan kapan waktu yang tepat untuk memasang behel pada Anda sebaiknya dikonsultasikan juga dilakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui secara pasti apakah gigi geraham bungsu Anda tumbuh dengan posisi yang baik atau tidak, dan menganalisa apakah pertumbuhannya akan mengganggu dalam perawatan orthodonti dengan melihat posisi benih gigi bungsu tersebut. 

Demikian informasi yang dapat diberikan mengenai perlukah pencabutan gigi bungsu sebelum pemasangan behel, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar