Sukses

Hamil Saat KB Spiral Masih Terpasang

09 Apr 2019, 03:15 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat malam dok, saya mau bertanya... Saya telah sc 3x th 2011, 2013, 2017, lalu saya kb IUD 5th namun tdk tahu jenis IUD apa yg digunakan... Per 28 maret ini saya terlambat haid, sekitar 10 hari, haid terakhir 18 feb 2019... saya tespack hasilnya positif, lalu saya cek ke dokter hari yg sama, sy di usg, hasilnya pun sama dinyatakan hamil, dan alat spiral itu ada di rahim saya, Saran dokter spiralnya dikeluarkan terlebih dahulu, karena jika dipertahankan spiral di dalam rahim, akan ada resiko cacat bayi, jika spiral dikeluarkan dlm waktu dekat akan ada kemungkinan calon janin akan gugur... saya mau tanyakan apakah memang seperti itu dok? Sy lupa bertanya bagaimana mekanisme mengeluarkan alat spiral tsb? Apakah rahim saya akan “diobok” untuk mencari alat tsb? Mohon bantuannya apakah dokter bisa menjelaskan kpd saya, terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang hamil saat KB spiral masih terpasang melalui fitur Tanya Dokter.

Meskipun jarang, kejadian hamil saat KB spiral masih terpasang memang dapat terjadi. Kami anjurkan Anda untuk segera mengunjungi dokter kandungan. 

Dokter akan melakukan USG untuk mengetahui keadaan janin dan posisi IUD/ KB spiral. Bila memungkinkan, umumnya KB spiral akan dikeluarkan. Namun bila tidak memungkinkan, KB spiral akan dibiarkan diposisinya sambil perkembangan janin terus diawasi.

Demikian penjelasan tentang hamil saat KB spiral masih terpasang. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar