Sukses

Mudah Lelah

08 Apr 2019, 13:11 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malam.. Perkenalkan, saya gadis 21 tahun, semester akhir S1. Mulai dari awal semester ini saya sudah mulai terbebani dengan tugas kuliah, kemudian sudah dua bulan terkena flu, batuk, pilek, demam. Anemia juga ada namun sudah dari SMP. Semakin hari saya sering merasa kesepian, tertekan, mudah lelah, sensitif, pusing, rambut rontok, serta jarang BAB. Itu kira-kira kenapa ya, Dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar Mudah Lelah menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhwatiran Anda. Apakah baru kali ini saja Anda sering capek atau sudah beberapa lama? Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah, hingga stres. Berarti, merujuk pada riwayat yang Anda ceritakan, bisa saja stres akibat tugas kuliah maupun anemia yang bisa menyebabkannya.

Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami cukup menyarankan agar Anda memeriksa kadar hemoglobin darah Anda, untuk mencaritahu apakah benar-benar ada anemia atau tidak. Bila ada, Anda tentunya harus mengonsumsi suplemen zat besi.

Kemudian, stres juga merupakan hal yang dapat menurunkan imunitas hingga menyebabkan Anda mudah sakit. Bila Anda memiliki masalah psikologis yang mengganggu Anda, kami menyarankan agar Anda menindaklanjutinya misalnya dengan berbicara dengan teman/ orang yang Anda percaya. Bila diperlukan, Anda dapat berbicara dengan ahli misalnya psikolog atau psikiater.

Untuk saat ini Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).Bila setelah anda mencoba tips-tips tersebut tetapi keluhan dirasa menetap maka tidak ada salahnya anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mudah lelah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar