Sukses

Nyeri Telinga disertai Batuk Pilek

08 Apr 2019, 12:15 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat sore dok, saya mau bertanya. 2 hari yg lalu saya panas, dan batuk. sekarang saya panas, batuk, pilek, pusing dan kurang lebih sekitar 15 detik sekali bagian belakang telinga saya sakit seperti terkena sengatan listrik. Kira2x pengobatannya bgaimana ya?

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Dari cerita yang anda ceritakan sepertinya Anda menderita demam karena ISPA. ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influenza, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) atau perubahan tempat dengan tekanan berbeda seperti ke daerah dataran tinggi dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya peradangan pada daerah tenggorakan, dimana pada daerah tenggorokan terdapat saluran ke telinga, ketika terjadi peradangan menyebakan tekanan ke gendang telinga. Keadaan ini berat bila pada telinga juga terdapat infeksi. 

Beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng, mengurangi atau menghentikan merokok. Karena keluhan batuk pilek lebih dari 1 minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menilai apakah ada infeksi dan kemungkinan membutuhkan antibiotik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar