Sukses

Cara Mengatasi Maag
08 Apr 2019, 11:00 WIB
Pria, 43 tahun.

Mau tanya dok. ulu hati saya terasa sesak kadang berdenyut dan kadang ada sensasi seperti panas yang kadang menjalar ke dada. Tapi perut tidak sakit hanya terasa kencang dan di daerah ulu hati. Sebelumnya saya sekitar 2 bulan lalu di rawat diagnosa jantung tapi ternyata jantung normal namun setelahnya kepala saya keliyengan terus bahkan sampai saat ini, sudah berobat di kasih obat lambung namun tak kunjung semuh.. minta pendapatnya dok. terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Cara Mengatasi Maag melalui fitur Tanya dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.pusing dan keringat dingin saat cuaca dingin sendiri bukan merupakan suatu gejala khas dari sakit maag.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika dengan perubahan pola hidup masih tetap tidak memberikan hasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Untuk memperkaya pengetahuan Anda, baca juga :

Cara Mudah Atasi Sakit Mag

Penyakit Maag

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Cara Mengatasi Maag. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar