Sukses

Berat badan tidak turun-turun lagi
08 Apr 2019, 08:57 WIB
Pria, 25 tahun.

Malam dok, saya romi mau tanya, selama 1stngah bulan saya mnjalani diet ketat defisit kalori , dari sebelumnya kalori harian saya 2500 saya potong 1500 kalori , dr sebelum nya bb saya 91 kg sekarang 82 kg, sudah masuk 2 minggu bb saya ngk turun" lagi apakah kemungkinan mengalami bb stuck? Bagai mana solusinya mengatasi masalah yg saya alami ini ? Apa brkemungkinan metabolisme saya turun krna diet ketat ini?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berat badan yang sulit turun bisa disebabkan oleh metabolisme Anda. Metabolisme tubuh yang rendah akan semakin mempersulit proses penurunan berat badan. 

Berikut beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan:

Sarapan

Jangan pernah melewatkan sarapan. Sarapanlah dengan makanan karbohidrat kompleks dan tinggi protein. Protein membantu memberikan sinyal kepada otak bahwa Anda merasa kenyang lebih lama. Contoh: oatmeal + telur.

Olahraga dan  terus bergerak

Olahraga minimal 30 menit setiap 2-3x/minggu. Olahraga yang baik adalah tipe aerobik yang memacu kerja jantung, seperti berenang, jalan cepat, lari, bersepeda.

Istirahat cukup

Kurang tidur dapat menurunkan metabolisme tubuh. Selain itu kadar hormon ghrelin dan kortisol meningkat sehingga menyebabkan peningkatan nafsu makan dan penyimpanan lemak tubuh.

Banyak minum air putih

Orang yang dehidrasi akan membakar lemak 2% lebih rendah. Minumlah minimal 8 gelas/hari.

Kalsium

Kalsium berperan penting dalam mengatur metabolisme lemak, menurut riset yang dilakukan Departemen nutrisi Universitas Tennesse, diet tinggi kalsium, selain mencegah osteoporosis juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lemak lebih banyak.

Kopi atau teh

Journal of Physiology & Behavior menunjukkan rata-rata tingkat metabolisme tubuh pada orang yang mengkonsumsi kafein meningkat 16% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan tidur, nyeri perut, dan gangguan irama jantung.

Makan makanan pedas

Bagi Anda yang menyukai pedas, berbahagialah, karena menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology metabolisme tubuh meningkat sampai 23% setelah mengkonsumsi makanan pedas. Cabai mengandung capsinoid yang meningkatkan energy expenditure sampai 50 kalori/hari.

Makan teratur dan jangan membuat tubuh Anda kelaparan

Diet yang berlebihan akan menyebabkan tubuh masuk kedalam kondisi starvation mode, yaitu respons tubuh terhadap asupan rendah kalori dalam waktu lama. Akibatnya tubuh akan kehilangan massa otot dan metabolisme tubuh menurun.

Jika cara diatas tidak membantu, Anda dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis gizi untuk diatur nutrisi kebutuhan Anda saat program menurunkan berat badan.

Mengapa Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Diet?

Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Rajin Olahraga

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar