Sukses

Apakah Demam Menular
08 Apr 2019, 08:09 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau nanya nih sebelumnya, kan adik saya sakit yaadok dia demam tapi tidak disertai batuk dan pilek apa demam panas itu bisa menular ke saya dok, dan kalaupun bisa menular itu lewat mana ya dok nularnya, dan apabila tidak nular penjelasan detailnya apa dok, terima kasih sebelumnya, saya menanyakan karna minimnya informasi di internet

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh di atas rata-rata suhu harian.

Orang dewasa dianggap demam apabila pengukuran suhu oral (diukur lewat mulut) di atas 38oC, atau suhu rektal (diukur melalui anus) maupun telinga di atas 38,3oC. Namun hal ini seringkali baru menjadi perhatian jika suhu sudah mencapai > 39,4oC.

Sementara itu, anak dan balita dianggap demam apabila suhu rektalnya > 38oC. Suhu tubuh yang meningkat walaupun sedikit dapat merupakan tanda dari infeksi yang serius.

Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit yang mendasari. Banyak ahli yang mengatakan bahwa demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi. Karena itu, orang pada segala usia dapat mengalaminya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda dan adik anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga sumber timbulnya demam dapat diketahui. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar