Sukses

Wajah bruntusan dan ketombe
07 Apr 2019, 20:17 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat pagi dok kulit wajah saya gatal dan bruntusan. kulit kepala juga gatal dan bersisik. mohon solusinya dok, terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar solusi wajah bruntusan dan ketombe menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kulit wajah yang mengalami iritasi memang dapat mengganggu. Namun, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab iritasi kulit tersebut. Iritasi kulit dapat disebabkan karena:

- Paparan sinar matahari

- Bahan pakaian yang menyebabkan iritasi

- Bahan kimia (parfum, lotion, scrub) yang menyebabkan iritasidl

Setelah ditemukan penyebabnya kemudian diperinci gejalanya. Bila terasa nyeri dan perih, ada beberapa pengobatan yang dapat bermanfaat mengurangi ketidaknyamanan dari gejala yang dapat ditimbulkan, seperti obat golongan antiradang bukan steroid (ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat), dan pelembab yang mengandung aloe-vera atau chamomile. Selain itu, kompres/mandi air dingin juga dapat membantu Anda mengatasi rasa perih, panas, dan kemerahan yang timbul. Hindarilah penggunaan produk-produk oles yang mengandung parfum, scrub, atau garam yang dapat semakin mengiritasi kulit Anda. Saat ingin mengeringkan badan, gunakanlah handuk yang lembut dan usap perlahan, kebiasaan menggosok yang terlalu keras hanya akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Yang terpenting, Anda harus menghindari pajanan sinar matahari selama masa penyembuhan. Gunakanlah tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 25-30 setiap hendak beraktivitas di luar ruangan. Saat berolahraga (terutama berenang), perlindungan tabir surya akan cepat menghilang sehingga penggunaannya harus diulang setiap jam.

Mengenai kulit kepala yang gatal dan bersisik, hal ini lebih dikenal sebagai ketombe bagi orang awam. Ketombe seringkali diakibatkan oleh suatu kondisi yang memiliki istilah medis dermatitis seboroik. 

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit kronis berupa kulit yang kering, mengelupas, dan merah. Penyakit ini umum terjadi dan penampakannya mirip dan berhubungan dengan gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim. Penyakit ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Namun biasanya cukup sering terjadi pada area kulit yang banyak mengandung banyak kelenjar sebum (minyak) seperti kulit kepala, wajah, dada dan punggung. Penyakit ini tidak menular dan tidak memengaruhi kondisi kesehatan secara umum. Namun, dermatitis ini memengaruhi penampilan dan rasa gatalnya sering menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman  bagi penderita.

Pengobatan ketombe meliputi:

- Mencuci rambut lebih sering dan lebih lama

- Hentikan penggunaan produk penata rambut seperti hair spray

- Gunakan sampo yang mengandung asam salisilat tar, selenium, sulfur atau seng, selenium sulfida 2,5%, ketokonazol

Jika keluhan tidak membaik, periksakan kondisi kulit kepala anda kepada dokter kulit dan kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai solusi wajah bruntusan dan ketombe. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar