Sukses

Ukuran perut ibu hamil

05 Apr 2019, 23:28 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok, Saya saat hamil bulan 1-3 mual muntah sangat parah sampai harus di rawat inap diRS. Berat badan menurun drastis dari 43kg jadi 36kg. dikarenakan sangat susah untuk makan. Dan sekarang saya sudah memasuki 4 bulan tapi perut saya belum nampak. saya agak khawatir. Itu gmna ya dook ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai Ukuran perut ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Ukuran perut ibu hamil ditentukan dari pembesaran rahim dan juga peningkatan berat badan selama hamil.

Menurut Institute of Medicines (IOM) Amerika Serikat, anjuran kenaikan berat badan dilihat berdasarkan kondisi status gizi wanita tersebut sebelum hamil.

  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan kurang ( IMT < 18.5 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 12.5-18 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan normal ( IMT 18.5 kg/m2-24.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah sekitar 11.5-16 kg
  • Apabila sebelum hamil memilki status berat badan berlebih (IMT 25 kg/m2-29.9 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 7-11.5 kg
  • Apabila sebelum hamil memiliki status gizi berat badan sangat berlebih (IMT >30 kg/m2) maka kenaikan berat badan yang dianjurkan adalah 5-9 kg.

Sedangkan anjuran peningkatan berat badan per trimester kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Trimester I : 1-2,5 kg/3 bulan
  • Trimester II : pertambahan berat badan rata-rata 0,35 – 0,4 kg/minggu.
  • Trimester III: pertambahan BB 1 kg/bulan. Namun pada trimester ini penambahan BB janin rata-rata 200 gram/minggu. Mulai minggu ke-28 hingga akhir kehamilan, BB Anda akan bertambah sebanyak 4-5 kg.

Pada sebagian ibu hamil, saat trimester pertama berat badannya bisa turun, terutama ketika mual dan muntah sedang hebat-hebatnya. Itu tidak apa selama tidak jatuh ke dalam kondisi yang disebut hiperemesis gravidarum (muntah hebat akibat kehamilan). Yang paling ditakutkan dari kondisi ini adalah dehidrasi sehingga aliran darah ke janin terganggu.

Ukuran rahim juga menentukan perut Anda membuncit atau tidak. Ketika mencapai sebesar mangga atau pisang (pada usia 20 minggu), umumnya sudah terlihat perut yang membuncit. Anda telah memeriksakan diri dengan USG dan hasilnya baik semua maka tidak perlu khawatir. Mengenai perut membesar sebaiknya diobservasi saja. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar ukuran perut ibu hami. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar