Sukses

Pusing Berputar Akibat Perubahan Posisi
05 Apr 2019, 16:12 WIB
Wanita, 17 tahun.

hallo dok , sudah 2 hari saya merasakan kepala seperti berputar saat tidur ketika pindah posisi saat bangun tidur pun seperti itu , saya kira penyebab nya saat saya tidur larut tapi saat saya tidur cepat pun masih sama. kira kira penyebab nya apa ya ? terimakasih dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya mengenai pusing berputar saat bangun tidur.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya, keluhan yang Anda alami bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, vertigo ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan.

Kami menduga, rasa pusing yang Anda rasakan dapat diakibatkan karena perubahan posisi yang drastis (tiba - tiba) yang merupakan suatu gejala Benign Paroxysmal Positional Vertigo(BPPV). Benign Paroxysmal Positional Vertigo(BPPV) merupakan penyakit yang sering ditemukan, dimana vertigo terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala (biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang) biasanya memicu terjadinya episode vertigo ini. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam.

Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

Pengobatan tergantung kepada penyebabnya. Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat diatas bisa menyebabkan ngantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester kulit memiliki efek mengantuk yang paling sedikit.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Kami menyarankan Anda untuk tidak langsung melakukan aktifitas pada saat bangun tidur, seperti memeriksa ponsel ataupun langsung berdiri setelah bangun tidur. Mudah mudahan hal sederhana ini dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pusing berputar saat bangun tidur. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar