Sukses

Keluhan Pasca Pemakaian IUD

04 Apr 2019, 12:16 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamu'alaikum wr wb. Saya pr usia 23 dan memiliki 1 anak usia 12 bln. Mau tanya, Dok. 3 bulan yg lalu saya pasang KB IUD, Dok. Nah, sy tanya ke bidan katanya ndak ada efek samping. Cuma kalau waktu menstruasi volume darah yg keluar akan lebih banyak (7 hari selama pemakaian). Itu apa benar, Dok? Terus waktu mens biasanya sy kan akhir bulan dan bulan lalu mulai tgl 21 - 28. Ini baru tgl 3 kok uda keluar darahnya lg ya, Dok? Ini disebabkan apa? Apa memang mens atau bagaimana? Mohon penjelasannya, Dok. Terimakasih Wassalamu'alaikum wr wb

Terima kasih telah bertanya seputar IUD menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com.

Darah yang keluar seperti haid ini dapat dilatarbelakangi oleh beberapa hal, seperti bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa efek samping KB IUD yang perlu Anda ketahui:

  • Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit
  • Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari
  • Cairan vagina lebih banyak
  • Risiko keputihan lebih besar

Efek samping tersebut umumnya tidak merupakan masalah kesehatan serius, sehingga anda dapat melanjutkan pemakaian IUD apabila berkenan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan paska pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk memastikan sumber darah yang Anda alami.

Baca juga: Spiral: Cara Jitu Menghindari Kehamilan

Demikian informasi seputar IUD  yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar