Sukses

Tanda Demam Tifoid
04 Apr 2019, 12:10 WIB
Wanita, 27 tahun.

Malam dok, saya mau tny saya bru sembuh dari para typus hampir 1 bln, lalu makanan apa saja yang masih saya harus hindari? dan saya kembali demam dan terasa nyeri di perut apakah itu ciri para typus kambuh kembali ya dok?

Terimakasih telah bertanya seputar demam tifoid melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayat yang Anda ceritakan, ada kemungkinan Anda mengalami demam tifoid.

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit atau diare, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Prinsipnya, demam tifoid dapat sembuh asal diobati hingga tuntas. Selalu ikuti dosis obat antibiotik yang diberikan dan minumlah secara teratur. Selain itu, perhatikan apa yang dimakan, pastikan makanan tersebut bersih. Kuman tifoid banyak terdapat di dalam makanan-makanan yang kurang higienis.

Setelah demam tifoid sembuh, maka yang terjadi bukanlah kekambuhan, melainkan infeksi ulang atau infeksi baru dari kuman yang menyebabkan demam tifoid (tipus). Infeksi ulangan ini dapat disebabkan oleh pengobatan yang tidak tuntas atau tifoid yang tidak diobati sebelumya.

Apabila Anda mengalami gejala demam tifoid, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengkonfirmasi infeksi tifoid, Anda dapat melakukan pemeriksaan IgM Anti Salmonella. Jika memang positif, artinya Anda terinfeksi. Kami tidak menganjurkan Anda untuk mengobatinya sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam tifoid. Semoga bermanfaat.

Salam,Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar