Sukses

Alergi Susu Sapi
02 Apr 2019, 09:08 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok ank saya usia 3 bln.. alergi susu sapi.. Dr anak menyarankan supaya d ganti susu soya.. Tp setelah pemakaian susu soya kurang lebih 1 bulan masih ada tanda2 alergi seperti kulit bintik merah..perut kembung..flu (pernapasan ngorok) tdr tdk nyenyak karna bdan2nya gerak2 ( geliat2 )..bgaimna solusinya dok...?! Apkah saya harus mngganti susunya dngan susu khusus HA.. Dan merk ap yg kemungkinan cocok untuk anak saya.. Trimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu sapi menggunakan KlikDokter.com,

Secara teoritis, kebanyakan anak akan terbebas dari alergi susu sapi dengan sendirinya pada saat menginjak usia di atas 1 tahun. Kebanyakan seperti itu, walaupun memang ada kasus yang alergi susu sapinya terus menerus ada. Mengenai pilihan buah, buah apapun baik untuk si Kecil. Alergi susu sapi tidak membuat si Kecil harus mengonsumsi buah spesifik. Terakhir, alergi susu sapi hanya akan menyebabkan gangguan pertumbuhan bila nutrisi-nutrisi baik dari susu (terutama kalsium, vitamin D, dll) tidak dapat disediakan dari makanan lain. Intinya, sekalipun si Kecil tidak bisa mengonsumsi susu sapi, asal sumber nutrisinya bisa diperoleh dari sumber makanan lain (misalnya makanan padat), maka tidak akan terjadi gangguan pertumbuhan.

Namun dengan kemajuan teknologi, anak dengan alergi susu sapi masih bisa mendapatkan nutrisi baik dari susu dengan cara menggantinya ke jenis susu lain yang tidak menyebabkan alergi. Bila terjadi alergi susu sapi, Bunda bisa mengatasinya dengan merubah susu si Kecil menjadi susu dengan protein terhidrolisa parsial atau bisa juga susu soya. Bila masih alergi dnegan susu soya, Anda bisa mencoba susu dengan protein terhidrolisa parsial.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar alergi susu sapi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar