Sukses

Keluar BAB Bersamaan dengan Buang Gas

02 Apr 2019, 09:08 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok mau tanya, ibu saya gejalanya setiap buang gas selalu bersama bab, dan kalau gas nya gk bisa keluar itu terasa sakit di ujung dok, katanya setiap mau keluar itu rasanya kaya ada yg keluar masuk, kemarin udh konsultasi ke dokter katanya bukan ambien, itu kira² kenapa ya dok? Di obatinya pakai apa ya dok? Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar keluar bab bersamaan dengan buang gas menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama? Atau hanya baru-baru ini terjadi? Bila baru terjadi, apakah ada disertai dengan gejala mencret atau buang air besar encer? Adakah nyeri perut seperti melilit? Adakah mual atau muntah? Bila memang baru saja mengalami infeksi saluran cerna/ radang saluran cerna dengan gejala seperti tersebut, maka bisa terjadi pengeluaran BAB yang tidak disadari, misalnya bersamaan dengan buang gas.

Namun bila kondisi tersebut sudah berlangsung menahun, kemungkinan ada gangguan katup pada ujung anus yang menyebabkan keluarnya bab secara tidak disadari. Kondisi itu disebut sebagai inkontinensia alvi. Berikut artikel mengenai kondisi tersebut: Inkontinensia Alvi.

Sulit untuk menentukan obat yang diperlukan bila diagnosis penyakit belum tegak sempurna. Kami sarankan Anda kembali berkonsultasi pada dokter karena memang keluhan masih ada dan masih butuh penanganan.

Demiian informasi yang dapat kami berikan seputar keluar bab bersamaan dengan buang gas, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar