Sukses

Kaku Jari Tangan

29 Mar 2019, 10:28 WIB
Pria, 20 tahun.

Hallo dok... Ibu saya, jari tangannya sering kaku, kesemutan, nyeri. Itu ciri saraf kejepit bukan dok? Bisa sembuh tidak dok?...

Terima kasih telah bertanya tentang Kaku Jari Tangan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Sebelumnya kami memiliki beberapa pertanyaan. Apakah ada gejala lain selain nyeri sendi, seperti rasa kaku terutama pagi hari saat bangun tidur, demam, kemerahan atau bengkak pada sendi? Berapa lama kaku yang dirasakan, apakah lebih dari 30 menit? Apakah ada riwayat trauma/cedera pada jari tangan Anda? Apakah kaku dirasakan pada sendi lainnya?

Penyebab kaku dari sendi dapat bermacam-macam namun penyebab paling sering adalah artritis reumatoid (AR), dimana keluhannya terutama terjadi di pagi hari dan hilang beberapa lama kemudian, lalu paling sering terkena pada sendi-sendi kecil. AR salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Kami sarankan agar Ibu Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dievaluasi kondisinya secara menyeluruh.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Kaku Jari Tangan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar