Sukses

Flek Coklat Apakah Haid ? Simak penjelasannya

01 Apr 2019, 12:04 WIB
Pria, 17 tahun.

dok.. saya telat seminggu mestruasi,, tapi setelah itu kecoklatan, awalnya aku kira besoknya keluar darah haid, ternyata masih kecoklatan.. aku mulai tanggal 24 maret kemarin sampai sekrng ngga berhenti2. itu pertanda apa yah dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai haid dan flek coklat.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Flek coklat yang keluar saat haid tersebut kemungkinan merupakan darah menstruasi Anda yang datang pada siklus ini, hanya saja darah yang keluar sedikit sehingga hanya berupa bercak coklat.

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar