Sukses

Stres dan Vertigo
01 Apr 2019, 08:54 WIB
Pria, 20 tahun.

apakah stres juga dapat memicu vertigo dan pecahnya karakter seseorang

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar stres dan vertigo menggunakan KlikDokter.com,

Vertigo merupakan sensasi berputar atau pusing berputar yang kadang disertai dengan mual dan muntah. Vertigo biasanya dapat berkurang bila penderita berbaring. Namun, jika gejala yang muncul cukup parah, berbaring saja tidak cukup.

Sesungguhnya, stres umumnya tidak memicu vertigo secara langsung. Vertigo itu sendiri biasanya dipicu oleh penyakit yang mendasarinya, entah itu penyakit BPPV atau penyakit meniere. Anda bisa membacanya lebih lanjut disini:

Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

Namun stres biasanya memang memicu gejala subjektif seperti vertigo, meskipun hal ini harus diperiksa lebih lanjut apakah benar-benar vertigo atau pusing biasa.

Meski cukup familier, banyak orang masih tidak tahu tentang penyebab dan pencetus vertigo. Berikut adalah lima hal yang Anda perlu tahu mengenai vertigo:

Penyebab vertigo dapat berasal dari otak atau telinga bagian dalam

Infeksi bagian telinga dalam oleh virus atau bakteri dapat menyebabkan timbulnya vertigo. Selain itu, tumor di otak, trauma pada kepala dan leher juga bisa memicu vertigo.

Hindari gerakan tiba-tiba

Bagun tidur secara tiba-tiba ternyata salah satu faktor pencetus vertigo lho! Sebaiknya saat bangun tidur, jangan langsung berdiri. Duduklah di pinggir ranjang selama beberapa menit sebelum anda berdiri atau berjalan. Gerakan perubahan posisi secara tiba-tiba dapat memicu kambuhnya pusing berputar.

Penderita diabetes berisiko mengalami vertigo

Salah satu komplikasi diabetes yaitu dapat menimbulkan proses arteroskeloris. Akibatnya terjadi penurunan aliran darah ke otak yang merupakan penyebab timbulnya vertigo.

Sering konsumsi makanan berlemak

Siapa yang tidak suka makanan berlemak seperti daging dan jeroan? Faktanya, banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya mengakibatkan vertigo.

Dehidrasi

Kurang cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu rendah ikut memengaruhi aliran darah ke otak. Kurangnya pasokan darah ke otak dapat memicu vertigo.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar stres dan vertigo, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar