Sukses

Benjolan payudara
31 Mar 2019, 21:24 WIB
Wanita, 32 tahun.

Salam dok, perkenalkan saya gadis berusia 32 tahun dan belum menikah. 4 hari yang lalu saya baru menyadari ada benjolan di payudara kanan saya, tepatnya di dalam bagian kulit berwarna hitam (puting). Benjolan tersebut yg mampu terasa di jari saya seperti setengah bola (saya tidak mampu menjangkau sisi dalam, bisa jadi berbentuk bola) dan diujungnya semacam ada benjolan kecil lain yg berbentuk pipih. Saya lalu melakukan SADARI. Yang saya temukan, ada benjolan di payudara (dibelakang puting) saya terasa keras. Apakah benjolan itu jaringan kelenjar payudara? (karena di payudara kiri juga terasa ada tapi untuk payudara kanan saya, terasa lebih bengkak daripada yg kiri) Rasanya payudara semacam terisi sesuatu. Mungkin efek bengkak. Nah di ujung benjolan (saya menduga itu kelenjar payudara yg membengkak) ada benjolan kecil lain. Mungkin 1-2 cm. Tipis dan pipih. Benjolan kecil di payudara kanan saya terasa di sekitar aerola payudara. Tetapi tidak menempel di dinding payudara. Berubah-ubah letaknya setelah sy tekan2. Tidak sakit . Tapi 2 hari ini sesekali terasa gatal sekitar puting (hal ini sy pikir wajar krn kadang baik di kanan kiri kadang gatal spt itu) Menstruasi saya cenderung teratur. Jadwal menstruasi saya awal bulan, mungkin sekitar 2-3 hari lagi sy mens. Dok, dari gejala tersebut, apakah benjolan saya ini tergolong berbahaya? Apa yg perlu saya lakukan? Saya baru bisa periksa ke dokter 2-3 hari lagi. Mohon petunjuk dok. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan payudara menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sudah baik bahwa anda melakukan pemeriksaan SADARI sendiri. Apakah benjolan bertambah nyeri saat sedang menstruasi di bulan lalu atau benjolan baru disadari adanya 4 hari yang lalu?

Dari tanda dan gejala yang disebutkan, kemungkinan jika puting tidak mengeluarkan cairan atau puting masuk ke dalam, benjolan yang terdapat termasuk jinak. Tidak perlu terlalu khawatir, dan periksalah ke dokter 2-3 hari lagi ketika anda sempat. 

Kami sarankan agar langsung ke dokter bedah umum untuk dapat dievaluasi secara keseluruhan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik serta menganjurkan USG payudara untuk mengevaluasi jenis benjolan. Kebanyakan benjolan payudara bersifat jinak, dan dapat dihilangkan dengan cara operasi, yang hanya membutuhkan istirahat di rumah sakit selama 1-2 hari lalu diperbolehkan pulang.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan payudara. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar