Sukses

Penggunaan Obat Penguat Kandungan

31 Mar 2019, 18:19 WIB
Pria, 39 tahun.

selamat sore Dokter, saya ibu yang sedang hamil 5 minggu. saya mengalami flek dan pendarahan di usia kehamilan 4 minggu. saya sudah periksa ke dokter spog. saya di USG, dan mendapat resep utrogeston 1x200 dan folafit 1x1. tp di apotik saya dikasi utrogeston yang 100mg dengan dosis 1x1. setelah minum 2 x ternyata fleknya tetap berkurang. akhirnya saya konsul ke teman apoteker dan di sarankan mengikuti resep dokter. yaitu minum utrogestan 100mg 2 kapsul sekali minum. setelah saya minum 2 kapsul sekali minum, fleknya berhenti sampai sekarang. dokter menganjurkan minum selama 2 minggu, sekarang bru 1 minggu dan fleknya sudah tidak keluar. yang saya tanyakan, amankah jika utrogestan itu terus saya minum sesuai saran Dokter? saya ucapkan terimakasih banyak sebelumnya.

Terimakasih telah bertanya seputar obat penguat kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Selamat atas kehamilan Anda!

Obat yang diberikan dokter mengandung hormon serupa hormon progesteron dalam tubuh yang berfungsi untuk mempertahankan kehamilan. Di awal kehamilan, hormon ini belum stabil oleh karena plasenta/ari-ari belum terbentuk sempurna. Jadi, wajar jika kadang keluar flek-flek. Selama flek-flek tidak berwarna merah terang dan keluarnya tidak banyak seperti darah haid, itu normal saja. Faktanya, flek-flek ini bisa berlangsung sampai 11 minggu. Bahkan, ada yang sampai 14 minggu kehamilan.

Untuk penggunaan obat tersebut aman, dan sebagian dokter menganjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin sampai usia 14 minggu. Meski demikian, dosisnya bervariasi tergantung seberapa sering kemunculan flek. Jika jarang, misalnya 1 atau 2 minggu sekali bisa konsumsi 1 kali sehari saja. Tapi kalau cukup sering, bisa dikonsumsi hingga 3 kali sehari.

Untuk itu, pastikan pada dokter kandungan Anda sampai kapan Anda harus meminum obat ini. Pada dasarnya, penggunaan obat ini aman dan tidak akan membahayakan janin. Jika memang harus dikonsumsi sampai usia 14 minggu pun Anda tidak perlu khawatir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar obat penguat kandungan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar