Sukses

Seputar Varises Vagina

29 Mar 2019, 13:36 WIB
Wanita, 37 tahun.

Selamat pagi dok,saya ibu 2 anak umur 37thn,waktu saya hamil anak ke 2 bibir vagina saya bengkak yg sblh kiri tapi tdk sakit,saya tanya ke bidan katanya varises nanti kempis sendiri,tapi tdk sampai sekarang sdh 5thn karena tdk sakit saya abaikan dan juga blm ada biaya untuk periksa ke dokter spesialis,yg saya tanya kan apakah bahaya,apa ada obat untuk penyakit saya,apa harus dibedah untuk bisa kempes kmbl,terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah menanyakan tentang varises vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Varises adalah pembuluh darah yang membesar, berkelok-kelok, berwarna kebiruan yang akan tampak jelas, khususnya terjadi pada kaki.

Pada dasarnya varises berhubungan dengan pembuluh balik (vena). Varises lebih sering terjadi di kaki karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Pada saat berdiri, aliran darah cenderung mengalir kuat ke bawah akibat gravitasi, sedangkan pembuluh darah vena mengalir sebaliknya, dari kaki ke jantung. Sebenarnya pembuluh vena tidak memiliki cukup kemampuan untuk mendorong darah kembali ke atas, tapi vena mempunyai kelebihan yaitu memiliki katup.

Varises vagina amat bukanlah hal yang umum terjadi. Pada daerah kulit tertentu emang akan terjadi pembesaran pembuluh darah, jika pembesaran masih dalam batas normal seharusnya tidak akan menganggu proses persalinan. Untuk menentukan apakah pembesaran pembuluh darah itu benar adanya sebaiknya diperiksa langsung oleh seorang dokter, dalam hal ini adalah dokter kandungan.

Baca juga: Bahaya Varises Vagina Saat Hamil

Demikian penjelasan dari kami tentang varises vagina. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar