Sukses

Penderita PCOS

29 Mar 2019, 12:54 WIB
Wanita, 24 tahun.

Haloo dok ada yg saya mau tanyakan dengan hasil lab AMH saya 1.66-9.49 ng/ml dan hasil unit amh 11852-67760 gimana menurut dokter hasil saya

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter. 

AMH (anti Mullerian hormone) adalah hormon yang dilepaskan oleh kantung sel telur (folikel) dalam oovarium. Kadar AMH dapat digunakan untuk mengetahui cadangan sel telur dalam ovarium. Kadar AMH Anda tergolong rendah (normal 1,5 - 4,0 ng/mL). Untuk kadar AMH anda yang cukup tinggi menandakan kemungkinan diagnosa PCOS. 

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah sindrom atau kumpulan beberapa gejala yang menyerang indung telur (ovarium) dan proses pelepasan sel telur (ovulasi). Penderita PCOS memiliki tiga hal yang terjadi, yaitu banyak kista pada ovarium, kadar hormon laki-laki lebih tinggi, dan siklus menstruasi yang tidak reguler atau bolong-bolong.

Banyak kista yang timbul pada ovarium sebenarnya adalah folikel yang mengandung sel telur yang belum matang. Sel-sel telur tersebut tidak pernah menjadi matang sehingga tidak merangsang ovulasi.

Penderita PCOS mengalami ketidak-seimbangan hormon pada tubuh karena memiliki kadar hormon pria lebih tinggi dari normalnya. Hal ini menyebabkan penderita tidak mengalami menstruasi dan sulit untuk hamil atau infertilitas. Penderita PCOS memiliki risiko lebih besar melahirkan bayi prematur, keguguran, hipertensi, dan diabetes kehamilan.

PCOS biasanya diderita wanita yang subur (15–44 tahun). Hampir 70% dari semua yang memiliki penyakit ini tidak terdiagnosis. Dalam jangka lama, PCOS dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker endometrium, dan depresi.

Sebaiknya anda mengonsultasikan hasil laboratorium tersebut pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan terapi yang tepat. 

https://www.klikdokter.com/penyakit/pcos 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar