Sukses

Kiat Menghadapi Stress dan Depresi
29 Mar 2019, 11:38 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo Dok! Saya ingin berkonsultasi, hampir tiap hari saya mengalami susah tidur, dan beberapa bulan belakangan nafsu makan saya menurun drastis dan saya tidak mood melakukan kegiatan apapun selain mengurung diri di rumah/ kamar. 2tahun lalu saya pernah depresi akibat broken home. Pada taun ini saya merasakan hal seperti itu lagi akibat saya ditinggalkan oleh teman dekat saya, tetapi kali ini saya kesulitan untuk mengatasi saya terus menerus sedih menangis dan bahkan saya hampir membakar tangan saya, setiap kali saya menangis saya selalu menuliskan ke dalam catatan. Saya juga mencoba lebih mendekatkan diri dengan Tuhan tetapi hal tersebut tetap saja membuat saya cemas dan sedih berkelanjutan. Kejadian ini dibarengi dengan saya akan melaksanakan sidang skripsi sehingga saya tidak bisa memfokuskan pikiran. Bagaimana solusinya dok mohon bantuannya

Terimakasih sudah bertanya mengenai kiat menghadapi stress dan depresi dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

  1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.
  2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.
  3. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.
  4. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.
  5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres atau depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai kiat menghadapi stress dan depresi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar