Sukses

Hubungan Antara Trigeminal Neuralgia Dan Clenching Teeth

29 Mar 2019, 08:55 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok 6bln yg lalu sejak kena benturan di dekat bibir kanan atas sy kadang mengepalkan gigi ketika tidur dan sering nyeri di gusi/gigi graham kanan atas stlh priksa ke 3 drg dan 2 spesialis drg dinyatakan gigi baik.baru sy ke dr syaraf dan mri hasilnya trigeminal neuralgia.pertanyaan sy apakah trigeminal neuralgia menyebabkan clenching teeth ketika tidur?krn sy baca dr bbrp website syaraf trigemus berfungsi jg utk mengontrol penguyahan.thx

Terima kasih sudah bertanya dengan hubungan antara trigeminal neuralgia dan clenching teeth  menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan pertanyaan anda maka kami akan membahas satu persatu, Clenching dengan Trigeminal neuralgia. 

Clenching teeth atau bruxism memang dapat berdampak negatif bagi kesehatan gigi yaitu menimbulkan kerusakan pada lapisan atau permukaan gigi dan juga dapat menimbulkan gangguan pada sendi rahang. Salah satu penyebabnya adalah karena rasa kecemasan seseorang akan terhadap sesuatu.

Terapi yang dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut adalah mencakup:

- Pengendalian stress

- Penggunaan obat untuk relaksasi otot yang diminum sebelum tidur, obat sedatif dan obat-obatan anxiolitic

- Terapi gigi, yaitu pemakaian berbagai alat didalam mulut (intra oral) guna mencegah kerusakan yang lebih lanjut dari gigi, mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, mencegah terjadinya luka.

Jika hal ini belum bisa diatasi, Anda bisa berkonsultasi dengan seorang psikolog yang dapat memberikan terapi terhadap kecemasan Anda.

Sedangkan Trigeminal Neuralgia adalah rasa nyeri kronis akibat gangguan pada saraf trigeminal atau saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Saraf ini terletak pada setiap sisi wajah dan memungkinkan seseorang dapat merasakan beragam sensasi pada wajah.

Trigeminal neuralgia ditandai dengan rasa nyeri. Umumnya, nyeri akan muncul pada pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Rasa nyeri ini juga terkadang dapat terasa pada mata dan dahi. Penderita trigeminal neuralgia sering merasa nyeri pada salah satu sisi wajah, meski kondisi ini juga dapat muncul pada kedua sisi wajah walaupun hal ini jarang terjadi.

Trigeminal neuralgia tidak secara langsung dapat menyebabkan clenching, namun rasa cemas dan kekhawatiran anda karena mengalami Trigeminal Neuralgia dapat mencetuskan kebiasaan clenching teeth/ bruxism.

Berikut artikel terkait pertanyaan anda :

- Bruxism

- Trigeminal Neuralgia

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai hubungan antara trigeminal neuralgia dan clenching teeth, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar