Sukses

Bayi Susah Makan

29 Mar 2019, 05:02 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat malam dokter. Anak says USIA 10 bulan, sudah mulai makan2an pendamping as I. 6 bulan smpai 8 bulan sudah mulai bail nafsu makannya. Tp diusia 10 bulan INI reflek muntahnya sangat sensitif dok, anaknya masih ingin makan tp reflek muntah walaupun isinya tdak keluar. Hal INI menyebabkan anak says JD kurang tertarik dengan makanan. Saya sudah konsul ke dokter sp. Anak tp jawabannya selalu paksa makan sedikit tp sering. Pdahal makan sedikit saja susah. Mohon solusinya dok, apakah diperlukan pemeriksaan lanjutan. Terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang Mengatasi Bayi Susah Makan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan tentang mengatasi bayi susah makan.

Jumlah porsi makan bayi memang sedikit dan tidak bisa dipaksakan diberikan banyak. Yang penting susu juga masih banyak dikonsumsi oleh bayi Anda. Selama berat badan dan tinggi badan bayi Anda masih dalam batas normal maka tidak perlu dikhawatirkan. Berikan juga MPASI yang sesuai agar dapat memenuji kebutuhan gizi anak Anda. Anda bisa mengontrol pertumbuhan bayi Anda dengan rajin ke dokter agar dapat dilihat status gizi dan perkembangan bayi Anda dengan grafik WHO. Cara yang dapat Anda lakukan adalah berikan variasi MPASI untuk anak Anda.

Ingat bahwa pemberian makanan pada bayi merupakan ikatan ibu dengan anak dan merupakan hubungan orangtua dengan anak yang bisa dimulai sejak dini. Jangan sekali-kali memarahi anak atau memaksakan makanan kepada si kecil. Buatlah makan menjadi suasana yang menyenangkan untuk si kecil dan juga untuk bunda. Saat memberikan makanan kepada si kecil ingatlah untuk berikan interaksi positif selama pemberian makanan, berikan pujian kepada si kecil untuk tindakan yang tepat, dan berikan batasan dalam makan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak bagian Tumbuh Kembang jika Anda khawatir dengan ketidakcukupan nutrisi bayi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mengatasi Bayi Susah Makan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar