Sukses

Batuk Berdahak

27 Mar 2019, 14:15 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok saya perempuan usia 22 thn. Sejak lebih dari 3 tahun yang lalu sampai sekarang saya sering batuk berdahak dok. Saya sudah pergi ke dokter paru" dan sudah scan paru", hasilnya tidak ada masalah dan sudah pernah d kasih obat 2x oleh dokter paru", sempat hilang beberapa minggu namun muncul kembali. Apabila saya batuk suara batuknya keras dan kencang, berbeda dari batuk berdahak sebelum'nya, dahaknya berwarna putih dok dan sejak saya batuk" ini, mulut saya jadi lebih cepat bau. Apabila saya berada di ruangan ber ac batuk" saya makin menjadi dok (namun tidak disemua ruang ber ac batuk" saya kambuh) dan apabila saya berada di luar ruangan seperti di jalan raya batuk" saya makin parah. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah batuk" saya berbahaya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, penurunan berat badan, batuk darah? Apakah ada riwayat asma/alergi/ maag? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

 Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak) Asma Infeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infkesi sinus Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru) GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung)Jika belum melakukan pemeriksaan dahak, coba lakukan pemeriksaan sputum BTA. Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Untuk mejaga daya tahan tubuh, Anda dapat menjaga nutrisi Anda dengan mengkonsumsi sayuran serta buah yang bewarna. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar