Sukses

Bekas Jerawat
27 Mar 2019, 09:46 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok saya mau bertanya, jadi ada bekas bopeng jerawat di bagian pipi saya, nah ketika saya pencet di bagian bopeng itu keluar nanah yang sudah kering dan ukurannya lumayan besar, kemudian selang beberapa hari saya pencet lagi dan muncul lagi nanah yang hampir mengering seperti pasta gitu teksturnya dan berbau kurang sedap, nah pertanyaan saya penyebab keluar nanah dari pori - pori dan amankah jika dipencet? Atau ada obat atau solusi lain?terimakasih sebelumnya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bila bekas jerawat tersebut sudah lama, kemungkinan cairan putih yang keluar tersebut bukanlah nanah. Namun bisa saja merupakan sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori. Namun karena tidak memeriksa langsung, cukup sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang terjadi pada Anda. Ada baiknya untuk diperiksakan secara langsung bila kondisi tersebut mengganggu dan meresahkan Anda.

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu Prosedur Chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisis terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin guna dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Berikut adalah artikel yang mungkin bermanfaat bagi Anda:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar