Sukses

Hidung Tersumbat

26 Mar 2019, 15:52 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalmualaikum dok. Saya mempunyai keluhan mengenai telinga, jadi gini dok kemarin malam, saya mengorek telinga saya, setelah itu telinga saya seperti tersumbat. Saya sudh menutup hidung dan mengembuskan napas secara perlahan -lahan tetapi telinga saya masih tidak bisa untuk membuka. Apa yg harus saya lakukan dok? Dan apa obat yang harus saya minum? Tolong dijawab ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen obturans (prop) dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan dan mungkin letaknya di telinga bagian dalam yang tidak terjangkau pembersih telinga. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat.

Keluhan rasa penuh di telinga bisa disebabkan juga oleh infeksi telinga telinga atau otitis media akut.  Untuk memastikan apa penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung, tidak bisa hanya melalui tanya jawab. Maka dari itu kami sarankan agar Anda kontrol kembali ke dokter spesialis THT untuk evaluasi lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar