Sukses

Hasil Laboratorium

26 Mar 2019, 09:21 WIB
Wanita, 33 tahun.

Selamat malam dokter, Ijin bertanya, saya habis cek darah lengkap dok, dengan hasil yang ditandai bintang (*) adalah: 1. Neutrophyle Segmen : Hasil 71 (Normal 35 - 70) 2. MCHC : Hasil 32,8 (Normal 33,4 - 35,5) Selain cek darah lengkap, saya sekalian cek Widal, dengan hasil yg ditandai adalah: S Typhi O = Positif 1/320 S Paratyphi BH = Positif 1/40. Keluhan saya, pusing, mual, berkunang-kunang, mudah lelah, sesudah makan justru perut terasa tidak nyaman, sedikit sesak napas, nafsu makan berkurang, perut terasa nyeri, BAB kurang lancar. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana dengan hasil cek darah dengan keluhan seperti yang saya sampaikan di atas, dokter? Kondisi seperti itu, bisa rawat jalan atau harus rawat inap? Terima kasih dokter, atas kesempatan bertanya & jawabannya. Salam sehat. 🙏🏿😇

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya mengenai Pusing, Mual, Sakit Perut melalui fitur Tanya Dokter

Dari hasil pemeriksaan laboratorium Anda, cukup mengarahkan pada penyakit tifoid. Namun, gejala yang paling utama dari penyakit tifoid seharusnya adalah demam selama 1 minggu atau lebih. Bila Anda tidak memiliki keluhan demam, membuat diagnosis tifoid agak meragukan. Untuk itu, sebaiknya hasil laboratorium tersebut dicocokkan dengan hasil pemeriksaan dokter atas tubuh Anda secara lengkap.

Beberapa kondisi dapat mendasari keluhan Anda selain tifoid. Keluhan Anda adalah: Rasa tidak enak diperut; mual; muntah. Dari gejala tersebut kami juga menduga Anda mengalami penyakit dispepsia, atau yang sering disebut dengan maag.

Apakah Anda sering terlambat makan/makan tidak teratur? Apakah Anda sering makan makanan yang pedas dan asam, jamu-jamuan, dan obat warung? Apakah keluhan Anda berhubungan dengan terlambat makan atau makan kekenyangan? Rasa panas, perih di perut; mual; sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Stress dapat juga memberikan keluhan seperti di atas. Apakah Anda menderita stress? Bila dengan obat maag ternyata keluhan Anda tidak membaik, maka ada kemungkinan Anda menderita stress dan memicu sakit maag.

Sangat mungkin juga, Anda mengalami kelelahan dan masalah dengan stamina. Hal ini juga dapat memicu sakit maag. Bagaimana dengan pola kehidupan Anda? Apakah Anda cukup berisitirahat? Apakah Anda rutin berolah raga? Bagaimana dengan beban pekerjaan Anda? Bagaimana pola makan Anda dan asupan makanan Anda? Pada saat haid biasanya tubuh memang terasa tidak enak dan kurang stamina sehingga perlu makan dan istirahat yang teratur sehingga gejala maag tidak kambuh.

Infeksi virus juga bisa menyebabkan kondisi yang Anda rasakan. Anemia, atau kurang darah, juga bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Sembari mengonsumsi obat, untuk mendapatkan stamina yang baik kami sarankan Anda cukup berisitirahat, makan makanan dengan gizi seimbang dan mencoba mengurangi stress.

Untuk mendapatkan kondisi yang sehat dan fit, Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan:

1.Makan teratur (3x/hari) 2.Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang) 3.Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit) 4.Tidak merokok 5.Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi 6.Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Pusing, Mual, Sakit Perut. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar