Sukses

Bayi Tertidur Setelah Menyusu

25 Mar 2019, 12:49 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok. Saya kan punya baby 5 bulan . Setiap mau tidur klo mlm itu dia nyusu , terus d lepasin.. langsung tidur gitu aja..tp pas nyusu itu belum tidur bener/nyenyak dok. apakah aman atau gmn?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Bayi yang tertidur saat sedang menyusu merupakan hal yang wajar. Selain untuk mendapatkan nutrisi, menyusu juga memberikan kenyamanan untuk bayi hingga akhirnya ia dapat tertidur. Mungkin Anda bertanya bagaimana mengetahui bayi telah cukup minum ASI bila tiap menyusu ia tertidur?

Berikut adalah tanda-tanda bayi telah cukup mendapat ASI:

·         Berat badan bayi bertambah hanya dengan ASI saja. Pada 3-4 hari pertama setelah lahir berat badan bayi bisa turun hingga 10% berat lahir. Pada hari ke-10 hingga 14, umumnya sudah kembali ke berat badan lahir. Dan di hari-hari berikutnya akan mengalami penambahan berat badan yang selengkapnya ada di dalam artikel berikut ini: Bagaimana Pola Pertumbuhan Bayi Tahun Pertama?.

·         Frekuensi BAK >6 kali sehari ditandai dengan frekuensi ganti popok 6-8 kali sehari pada 3 bulan pertama dan 4-6 kali sehari memasuki bulan keempat dan seterusnya.

·         Frekuensi BAB 3-4 kali sehari, berwarna kuning keemasan, terkadang berbiji.

·         Tanda lainnya adalah payudara ibu terasa lebih lembek setelah menyusui. Bayi aktif dan tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya. Artikel berikut dapat membantu Anda: Panduan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan

Ketika menyusui usahakan agar kedua payudara disusui. Idealnya menyusui dilakukan dalam waktu 30 menit bila bayi baru berusia 1-2 bulan. Seiring bertambahnya usia, waktu menyusui bisa semakin singkat dengan rata-rata 15 menit per payudara. Cara-cara berikut dapat dilakukan ketika bayi tertidur saat menyusui.

·         Segera ganti payudara ketika bayi terlihat mulai mengantuk.

·         Menyusui dalam football position.

·         Pijat kepala bayi secara melingkar. Gunakan kain lembab yang agak dingin, kemudian lap bagian kepalanya.

·         Cara bertahap ini juga dapat membangunkan bayi: Usap-usap pipi bayi agar ia terbangun. Bila cara ini tidak berhasil, usap-usap telinga bayi. Bila tidak juga berhasil buka pembungkus tubuh bayi. Bila tidak juga berhasil, buka pakaiannya. Dan bila masih tertidur, buka popoknya. Cara ini umumnya dilakukan pada bayi baru lahir hingga usia 1 bulan yang masih sensitif dengan perubahan suhu udara. Suhu yang dingin akan membuatnya terbangun.

Kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda:

·         Inilah Tanda-tanda Bayi Ingin Menyusu

·         Jangan Lupa Merawat Payudara Saat Menyusui

·         Tanda Bahwa Bayi Sudah Menyusu dengan Tepat

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar