Sukses

Terlambat Haid Test Pack Negatif

25 Mar 2019, 09:55 WIB
Wanita, 44 tahun.

Dok...sy sdh menikah 19 thn dan blum punya keturunan. Tp skrg sy sdh terlambat haid 3 minggu,trakhir dpt haid 30 januari 2019 lalu. Waktu tlat 12 hri sy sdh coba testpack tp negatif,apakah sy hrs cek k dokter kandungan? Sy tdk merasakan hal2 yg beda pd kondisi tubuh sy.

Terimakasih telah bertanya tentang Terlambat Haid, Test Pack Negatif melalui fitur Tanya Dokter.

Terlambat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Terlambat haid bisa disebabkan oleh faktor psikis, gangguan hormon, gangguan di organ kandungan atau organ lain.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemihpembesaran dan nyeri payudaramualperasaan lelahdaerah sekitar puting susu menghitampeningkatan suhu tubuhflek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim, dsbKeluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaanterdengar bunyi jantung janin pada auskultasiterlihat gambaran janin pada USG atau scanningUntuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti.

Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Hasil testpack dapat negatif palsu jika kadar hormon dalam tubuh belum mencukupi, untuk itu pemeriksaan testpack dapat diulang 1 minggu kemudian.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Terlambat Haid, Test Pack Negatif. Semoga bermanfaat untuk Anda.

1 Komentar

  • Nag******wi Ardiansyah

    dok saya mau tanya . awal haid saya tgl 8 april dan berakhir tanggal 14 april . dan smpai bulan mei ini saya belum kunjung haid juga . saya sudah coba pake tespek hasilnya negativ. tpi saya sering merasa pusing dan mual . terkadang saya merasa di dlm perut saya seperti ada detak jatung .