Sukses

Seputar Sinusitis

22 Mar 2019, 11:45 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, 2 minggu lalu saya flu dan radang tenggorokan. Biasanya setelah flu dan radang sembuh, saya selalu pilek (hidung tersumbat) sampai selama 3 minggu setelahnya. Saya merasa ini normal dan tidak ada masalah, tapi 2 hari ke belakang ini mulai disertai dengan migraine sebelah kanan dan pipi kanan saya juga berasa penuh dan nyeri kalau digerakkan. Sampai gigi atas bagian kanan saya juga ada rasa ngilu dan nyeri saat mengunyah. Apa sinus saya semakin parah atau ini masalah lain? Terima kasih dok.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai sinusitis melalui fitur tanya dokter. 

Kemungkinan yang Anda alami adalah sinusitis. Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena serta organ-organ lainnya. Namun, keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda, serta untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Dari pemeriksaan fisis secara langsung, juga dapat diketahui pakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung atau murni akibat infeksi atau alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Demikian informasi seputar Sinusitis yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar