Sukses

Penyakit Irritable Bowel Syndrome
21 Mar 2019, 22:20 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau nanya,,makanan apa saja yang harus dihindari oleh orang yang terkena IBS? setiap kali saya makan2 nan yang keras itu perut sebelah kiri saya ini saya sakit luar biasa seperti ditusuk2. terima kasih dok penjelasannya

Terima kasih telah bertanya tentang Penyakit Irritable Bowel Syndrome  melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Hingga saat ini, penyebab IBS memang belum bisa dipastikan. Namun, beberapa faktor dapat memperberat gejalanya. Misalnya, asupan makanan, minuman, dan jadwal Anda makan. Untuk itu, jika Anda menderita IBS, sebaiknya Anda tidak melewatkan jadwal makan tiga kali sehari.

Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein. Minuman mengandung kafein sebaiknya dibatasi agar tidak melebihi tiga cangkir sehari. Hindari juga minuman bersoda.

Anda harus memastikan bahwa asupan cairan Anda terpenuhi dengan baik. Konsumsilah paling sedikit delapan gelas air putih dalam sehari.

Makanan dengan lemak yang tinggi juga sebaiknya dihindari. Hindari pula buah dan sayur yang dapat memicu perut kembung. Asupan dua makanan ini tetap harus dijaga.

IBS bukan termasuk kondisi yang bisa disembuhkan, tapi dapat dikendalikan. Untuk itu, pola hidup yang sehat harus dikembangkan dengan sangat baik karena bisa memengaruhi gejala-gejalanya.

Istirahat yang cukup, mengurangi stres, dan mengatur asupan makanan dapat menjadi kunci untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik. Selain itu, memahami gejala yang dominan Anda miliki juga dapat membantu menentukan jenis makanan Anda.

Dengan mengetahui fakta-fakta terkait IBS, Anda bisa menghindari faktor-faktor pemicunya. Konsultasikan dengan dokter apabila kondisi ini sudah mengganggu Anda dan bertambah parah. Dokter juga biasanya akan memberikan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi gejala IBS yang Anda alami. Selanjutnya, konsumsilah obat-obatan tersebut sesuai dengan petunjuk dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Penyakit Irritable Bowel Syndrome .Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar