Sukses

Gejala Demam Berdarah pada Anak

21 Mar 2019, 22:20 WIB
Pria, 28 tahun.

Anak saya usia 20 bulan. Saat ini sedang batuk pilek sempat demam 2 hari, lalu suhu nya kembali normal. Setelah 2 hari kemudian demam lagi dan semakin lemas. Apa ada indikasi anak saya terkenan dbd atau campak dok? Mohon penjelasannya.. Tq

Terima kasih telah bertanya tentang Gejala Demam Berdarah pada Anak melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Demam yang dialami anak Anda dapat disebabkan oleh demam berdarah, campak maupun virus flu biasa. Untuk lebih tepat melakukan diagnosis diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Gejala utama dari penyakit demam berdarah dengue adalah demam khas, yang disertai gejala lain. Beberapa gejala yang bisa menyertainya antara lain nyeri kepala, nyeri belakang bola mata, nyeri otot dan sendi, wajah kemerahan atau ruam di kulit, bintik merah pada kaki dan tangan, mual dan muntah serta nyeri perut.

Demam oleh virus dengue memiliki pola yang khas, yaitu demam mendadak tinggi (bisa mencapai 40⁰) dan terjadi di malam hari. Demam ini akan bertahan hingga 3 hari dan menurun pada hari ke 4–5. Kemudian, demam akan kembali naik pada hari 6–7.

Penurunan suhu tubuh yang terjadi di hari ke 4–5 adalah fase kritis dari penyakit demam berdarah dengue. Ketika pasien mencapai fase ini, biasanya keluhan shock pada tubuh akan terjadi.

Jika Anda mendapati gejala demam berdarah dengue pada anak, jangan ragu untuk segera membawanya ke rumah sakit. Ingat, virus dengue dapat menyebabkan perdarahan seperti mimisan, gusi berdarah, BAB hitam, penumpukan cairan di paru atau perut, yang jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Gejala Demam Berdarah pada Anak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar