Sukses

Bronkitis dan Kehamilan

22 Mar 2019, 09:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok.... jadi akhir desember llu sya mengkondsumsi obat bronghitis dri dokter.... dan trnyata prtngahan februari saya cek khamilan udah 9 mnggu.... gmna dg kandungan saya dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda terkait sakit bronkitis menggunakan fitur Tanya dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, sepertinya Anda khawatir dengan pengaruh obat terhadap janin Anda. Namun, sayangnya Anda tidak menyebutkan jenis obat yang Anda minum. Keamanan suatu obat tergantung dari jenis obat yang diminum. Apakah Anda mengetahui jenis obat yang Anda minum? Apa namanya dan berapa dosisnya?

Sementara ini, izinkan kami menjelaskan tentang bronkitis. Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Sesak nafas yang muncul pada bronkitis disebabkan oleh karena proses peradangan tersebut ditambah radang yang bisa menyebabkan peningkatan pada produksi lendir yang bisa memicu sesak nafas. 

Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak.

Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis.

  • Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang menyerang biasanya adalah virus yang sering menimbulkan flu yang menyebar hingga ke saluran napas yang lebih dalam sehingga menimbulkan bronkhitis. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda. Bronkhitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun, pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis. Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik.
  • Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Pengobatan yang diberikan pada bronkitis kronik biasanya hanya akan membantu mengatasi gejala-gejala yang timbul, namun gejala tersebut akan sering kambuh dan saluran napas yang sudah rusak akibat bronkhitis kronik tidak dapat sembuh sempurna 100%.

Jika memang Anda khawatir tentang kondisi kandungan, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat di dilihat keadaan janinnya. Selain itu pula, perlu disampaikan pula kepada dokter obat - obatan yang Anda konsumsi agar dapat dipertimbangkan efeknya pada janin

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

9 Komentar

  • Rizqi Aulia Putra

    Sed nobis et consequatur et. Natus corporis sint consequatur dolor animi. Consectetur nemo fuga minima distinctio ea nisi. Suscipit voluptate est perspiciatis fugit magni.

  • Rizqi Aulia Putra

    Impedit consequatur libero nam repellendus tempora animi laboriosam ut. Consequatur tempore aut deleniti eos perspiciatis culpa sunt. Aperiam qui incidunt ut.

  • Rizqi Aulia Putra

    Sunt voluptatem laborum eos at. Blanditiis eveniet iusto enim non id pariatur tempore. Ut et et pariatur at ut iusto.