Sukses

Penyebab Gelisah dan Lemas

22 Mar 2019, 03:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, kenapa ya saat saya sedang mengerjakan sesuatu terkadang konsentrasi saya hilang lalu fikiran diotak tak terkendali.....serasa saya berfikir cepat seperti komputer yg eror. Lalu merasakan gelisah yg sangat menggangu sampai2 membuat saya lemas dan tak bisa mengendalikan diri saya sendiri

Terima kasih telah bertanya seputar gelisah melalui fitur Tanya Dokter.

Keluhan yang Anda alami seperti gelisah, lemas dapat berhubungan dengan berbagai hal yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, namun bisa juga berhubungan dengan stres. Gejala-gejala tersebut merupakan respon terhadap stres psikologis. Di samping itu, respon terhadap stres juga bisa membuat jantung berdetak cepat, tubuh gemetar, dan asam lambung naik hingga nyeri ulu hati. 

Selain karena stres psikologis, gejala-gejala tersebut dapat berhubungan dengan penyakit hipertiroid (kelebihn hormon gondok). Namun pada hipertiroid biasanya disertai dengan berat badan menurun meskipun banyak makan, sering buang air besar, dan rambut mudah rontok.

Bagaimana kondisi pekerjaan dan keluarga Anda? Bila memang ada yang membuat Anda cemas, berikut cara-cara untuk mengelola dan menguranginya:

Berolahraga rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit. Olahraga akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuat tubuh Anda menjadi rileks. Mulailah pelan-pelan, semampu Anda. Secara bertahap naikkan frekuensi dan intensitasnya.Hindari alkohol dan obat-obat terlarang.

Hindari merokok dan minuman. berkafein karena dapat memperburuk rasa cemas yang sudah ada.Lakukan teknik relaksasi dan pengelolaan stres seperti meditasi dan yoga, atau sekedar menarik nafas 7 hitungan dan mengeluarkan nafas 11 hitungan selama beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik.Usahakan cukup tidur.

Usahakan selalu konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak sayur/buah.

Carilah waktu untuk bersenang-senang di sela kesibukan Anda, misalnya dengan berjalan-jalan bersama teman-teman baik atau melakukan hobi Anda. Jika kecemasan menyerang, alihkan dengan bergerak (berjalan) atau melakukan hobi Anda.Selengkapnya: Mengatasi Gangguan Cemas.

Bila tak kunjung membaik sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gelisah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar