Sukses

Gatal di Seluruh Tubuh
22 Mar 2019, 00:07 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, sudah hampir sebulan lebih saya mengalami gatal. awalan gatal itu dibetis saya karena terlalu gatal saya garuk dan mengeluarkan cairan gitu dan itu sangat gatal setelah itu kesini sini hampir selulur badan saya gatal" dan berbecak merah serta mengeluarkan cairan jg. saya sudah ke klinik dan sudah di disuntik 2x dan diberi obat chlorphenamine maleate 4mg dan chloramphenicol 250mg serta salep chloramfecort-H, memang selama masa pengobatan tersebut gatal nya berkurang yg bercak" bekal gatal nya jg sembuh tp setelah obatnya habis gatal nya malah kambuh lagi ditempat bercak merah itu muncul dan jujur gatal nya itu sangat gatal tidak seperti gatal oleh gigitan nyamuk atau semut bahkan saya hnya garuk area luar nya saja sudah bisa merasakan gatalnya. Tolong bantu solusinya dok agar sembuh total dan adakah makanan yg harus saya hindari??? terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang Gatal di Seluruh Tubuh melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa.

Kelainan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain:

  • Faktor eksternal: gigitan serangga, kontak dengan pemicu alergi (alergen), faktor fisik seperti panas, dingin, cahaya.
  • Faktor internal: stres emosional dan faktor psikologis lain
  • Faktor hormon / endokrin
  • Alergi makanan dan obat
  • Infeksi: tonsilitis dan sinusitis kronik
  • Anemia kekurangan zat besi, dan
  • Riwayat keluarga dengan dermatitis atopik, asma ataupun alergi.

Yang dapat Anda lakukan sementara ini adalah:

  1. Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  2. Gunakan pelembab pada tangan
  3. Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  4. Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  5. Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat.
  6. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Bagaimanapun, untuk dapat mendiagnosa suatu penyakit harus dibuktikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter. Untuk itu, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Gatal di Seluruh Tubuh. Semoga bermanfaat.

5 Komentar

  • adri hamzah

    Consectetur similique porro maxime ullam. Quia non enim et recusandae quaerat. Eos possimus quia repellendus unde.

  • adri hamzah

    Dolore consequatur et est aspernatur deleniti dolorem. Voluptatem expedita voluptatem eaque esse hic ab ratione. Temporibus reiciendis porro ab expedita ut. Nihil minima consequatur iure quas.

  • Siska Lp

    Dolorem quidem ipsam rerum iste et. Sint voluptate mollitia nostrum eum distinctio fugiat. Temporibus dolorum magnam commodi.